Industri otomotif saat ini tengah mengembangkan inovasi untuk kendaraan roda empat. Salah satunya adalah mobil listrik yang tengah disukai banyak masyarakat Indonesia saat ini. Sesuai dengan namanya, kendaraan ini ditenagai dari sumber listrik, bukan dari bensin. Salah satu mobil listrik yang akan diluncurkan di Indonesia adalah Wuling EV yang berasal dari China.

Adanya mobil listrik yang ramah lingkungan ini juga ditegaskan dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Jalan.

Selain ramah lingkungan, mobil listrik juga memiliki banyak kelebihan yang bisa Anda rasakan jika memilih untuk membelinya. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda nikmati saat memakai mobil listrik seperti Wuling EV.

1. Ramah lingkungan
Seperti yang sudah disebutkan di atas, mobil listrik lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil yang ditenagai bensin. Mobil listrik juga disebut sebagai mobil non emisi. Dilansir dari edfenergy.com, penelitian dari International Council On Clean Transportation di tahun 2018 menyebutkan kalau mobil listrik adalah sebuah pilihan yang tepat untuk lingkungan. 

Mereka mengatakan kalau mobil listrik akan mengeluarkan gas rumah kaca dan polusi udara yang lebih sedikit daripada mobil yang ditenagai bensin. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Badan Energi Eropa juga mengatakan kalau emisi karbon ada mobil listrik dengan pembangkit listrik akan memberikan 17 hingga 30% lebih rendah dibandingkan mobil bensin.

Selain itu, tenaga listrik untuk mengisi daya mobil dapat dihasilkan dari sumber energi yang bisa diperbarui. Tentunya ini berbeda dengan bahan bakar bensin yang harus diambil dari minyak bumi dan tidak dapat diperbaharui.

2. Tidak bising
Mobil yang ditenagai bensin akan menimbulkan suara yang bising di mesinnya. Apalagi jika mobil menggunakan solar sebagai sumber bahan bakarnya. Hal ini berbeda dari mobil listrik yang tidak memerlukan bensin atau bahan bakar minyak. Mobil listrik tidak akan menghasilkan bunyi mesin yang bising. Tentunya hal ini akan memberikan kenyamanan terhadap pengendara dan penumpangnya saat menggunakan mobil ini di perjalanan.

3. Perawatan yang mudah
Perawatan mobil listrik bisa dibilang jauh lebih mudah dan simpel jika dibandingkan dengan mobil bensin. Hal ini karena mobil listrik tidak memiliki sistem pembuangan sehingga mobil tidak perlu melakukan pergantian oli yang sering dilakukan oleh mobil bensin. Jika memiliki mobil listrik, maka Anda hanya perlu melakukan pengecekan rutin dan berkala untuk semua komponen mobil, khususnya baterai aki agar tetap awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.