vivo akan segera meluncurkan ponsel flagship mereka, yaitu X80 Series. Ini terdiri dari model vivo X80 Pro dan Vivo X80. Keduanya memiliki kamera hasil kerja sama dengan Zeiss.

Setelah beberapa waktu lalu meluncur secara global, kini vivo Indonesia telah mengonfirmasi bahwa ponsel vivo X80 Series bakal meluncur di Tanah Air pada tanggal 26 Juli 2022. Seri ponsel ini terdiri dari dua model, yaitu vivo X80 Pro dan vivo X80.

Sama seperti seri X sebelumnya, kini vivo juga menghadirkan kamera hasil kerja sama dengan pabrikan lensa asal Jerman, Zeiss, untuk vivo X80 Series. Konfigurasi fotografi pada vivo X80 Pro memiliki empat kamera, ini terdiri dari kamera utama 50 MP dengan OIS, kamera periskop zoom optik 5x beresolusi 12 MP dengan OIS, kamera telefoto zoom 2x beresolusi 12 MP dengan gimbal OIS, dan kamera terakhir adalah lensa ultra lebar beresolusi 48 MP.

Di sisi lain, konfigurasi fotografi pada model ponsel vivo X80 memiliki tiga kamera. Kamera utama memiliki resolusi 50 MP dengan OIS, kamera kedua memiliki lensa telefoto zoom 2x beresolusi 12 MP dengan OIS, dan kamera ketiga memiliki lensa ultra lebar beresolusi 12 MP.

Pada seri ini vivo juga menghadirkan fitur Dual Flagship Chip. Dengan inovasi ini perusahaan asal Tiongkok tersebut menawarkan konfigurasi ganda dari prosesor vivo V1+ dan Snapdragon 8 Gen 1 untuk vivo X80 Pro, dan kombinasi dari prosesor vivo V1+ dan Dimensity 9000 pada vivo X80. Dengan dukungan kedua prosesor tersebut, pihak vivo mengklaim bahwa kedua model X80 akan memiliki performa dan sistem fotografi yang semakin baik.

Chipset V1+ sendiri adalah prosesor gambar yang memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman pencitraan dan performa ponsel dengan lebih baik. Ini juga memiliki kemampuan Noise Reduction (NR) yang akan mengurangi gangguan noise pada gambar. Kemampuan ini masih disempurnakan lagi dengan teknologi High Dynamic Range (HDR) yang mampu membaca dan menyesuaikan skenario cahaya di sekitar subjek video, sehingga ponsel bisa menghasilkan video dengan kecerahan yang diinginkan pengguna.

Sedangkan untuk bagian performa, chipset vivo V1+ ini akan mampu meningkatkan performa ponsel dengan lebih baik, namun tetap irit baterai berkat teknologi Dynamic Interpolation, yang memungkinkan ponsel untuk menjalankan aktivitas dengan frame rate tinggi, tetapi dengan konsumsi daya yang rendah.

Dari segi layar, baik vivo X80 Pro dan X80 mengusung teknologi layar AMOLED berukuran 6,78 inci. Meski ukurannya sama, tetapi resolusi untuk kedua ponsel tersebut berbeda. X80 Pro mengusung resolusi layar 1440 x 3200 piksel, sedangkan X80 memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel. Kedua model ponsel ini memiliki sensor sidik jari di layar dengan ukuran besar atau vivo menyebutnya sebagai 3D Ultrasonic Large Fingerprint Sensor.

Kapasitas baterai pada X80 Pro adalah 4700 mAh, ini sedikit berbeda dengan kapasitas model X80 dengan 4500 mAh. Meski demikian, keduanya memiliki pengisian cepat dengan daya yang sama yaitu 80W. Tidak ketinggalan pula keduanya mengusung speaker stereo. Terdapat pula kapasitas RAM 12 GB yang dapat diperluas hingga 16 GB.

Sayangnya belum ada informasi harga resmi di Indonesia. Hal ini akan terkuak saat peluncuran resminya pada tanggal 26 Juli. Jadi, tunggu informasi selanjutnya ya Sahabat Tek!


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.