detikfakta.com – Video viral di media sosial memperlihatkan truk yang membawa muatan berlebih alias ODOL (Over Dimensi Over Loading) ngebut di jalan raya membahayakan pengendara lain.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, , terlihat truk ODOL berjalan kencang dengan muatan yang bergoyang. Terlihat bodi truk terlihat oleng karena muatan terlalu tinggi.

Jika melihat truk ODOL sprti ini sebaiknya jaga jarak. Ngilu lihatnya. Hati² dijalan. Lok ringroad utara Jogja. Note: Sebelum melambat saya sudah pastikan belakang aman,” tulis keterangan video, dikutip Selasa (9/5/2023).

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, truk akan mudah oleng ketika dimuat dengan beban yang berlebih atau barangnya disusun sampai tinggi menjulang.

“ Truk memiliki keterbatasan kemampuan daya angkut, kalau pun spacenya ada tapi melebihi kemampuan daya angkut, maka keseimbangannya pasti hilang,” ucap Sony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Belum lagi saat beban yang disusun tinggi, akan mempengaruhi center of gravity (COG) dari truk tersebut.

Semakin tinggi beban yang diangkut, COG dari truk akan naik sehingga lebih mudah oleng, bahkan miring sedikit bisa terguling.

“Bila muatannya tinggi, titik berat tersebut sudah berubah ke atas, ini yang membuat truk mudah oleng. Semakin tinggi dimensi muatan truk, semakin mudah menangkap angin samping, jadi gampang terbalik,” kata Sony.