detikfakta.com – Wisata Bukittinggi , Sumatera Barat, tak melulu soal Jam Gadang dan sekitarnya, tetapi ada juga beragam wisata alam yang bisa dijelajahi.

Mengeksplorasi wisata alam Bukittinggi sambil menikmati udaranya yang sejuk menjadi kegembiraan tersendiri bagi sebagian orang.

Jika kamu berencana pelesir ke Sumatera Barat, mampir ke salah satu, atau beberapa, wisata alam Bukittinggi berikut bisa jadi pilihan menarik.

Tempat wisata alam di Bukittinggi

1. Ngarai Sianok

Ketika bicara soal wisata alam Bukittinggi dan sekitarnya, Ngarai Sianok mungkin jadi destinasi pertama yang melintas di pikiran.

Dikutip dari portal resmi , Ngarai Sianok merupakan lembah yang dikelilingi bukit-bukit bertebing curam serta aliran sungai kecil di tengahnya. Lokasinya berada di pinggiran Kota Bukittinggi.

Konktur lembah terbentuk dari proses turunnya sebagian lempengan bumi, sehingga membentuk patahan berwujud jurang yang curam dengan kendalaman tebing sekitar 100 meter dan lebah celah sekitar 200 meter.

Meski kedengarannya agak mengerikan, namun Ngarai Sianok menyuguhkan panorama alam yang begitu memukau dengan panorama Gunung Singgalang yang menjulang megah di belakangnya.

Pada pagi hari, pemandangan di sana sangat indah, terutama ketika sinar matahari menembus kabut yang menutupi lembah-lembahnya.

Di sana, kita bisa melakukan aktivitas seperti trekking, bersepeda gunung, jalan ringan, atau menjajal off-road jika ingin sesuatu yang lebih menantang.

2. Air Terjun Lembah Anai

Dikutip dari (20/05/2022), Air Terjum Lembah Anai adalah aliran air dari Gunung Singgalang dan Gunung Marapi yang menerobos Bukit Barisan.

Air terjun ini merupakan konservasi Cagar Alam Lembah Anai atau berada di jalan utama Padang-Bukittinggi.

Dikutip dari , salah satu destinasi wisata alam Bukittinggi ini bakal terlewati oleh pengendara yang hendak pergi ke Padang maupun Bukittinggi.

Biasanya, beberapa di antara pengendara berhenti sejenak di lokasi wisata Air Terjun Lembah Anai untuk menikmati keindahannya atau mengabadikan gambar.

Untuk menuju Air Terjun Lembah Anai, pengunjung bisa berkendara sekitar 1,5 jam dari Bandara Udara Minangkabau Padang.

Di sepanjang perjalanan, kita akan melewati bukit-bukit dan jurang terjal, dengan pohon-pohon besar di sekelilingnya.

Sesampainya di kawasan tersebut, kita perlu menuruni sejumlah anak tangga dan turunan hingga sampai ke air terjun.

Meski begitu, perjalanan yang cukup panjang bakal terbayarkan dengan pemandangan indah yang disuguhkan oleh Air Terjun Lembah Anai.

3. Taman Panorama

Keindahan Ngarai Sianok tak hanya bisa dinikmati dengan menjelajahinya, tapi juga bisa memandanginya dari kejauhan lewat Taman Panorama.

Taman Panorama sebetulnya juga merupakan bagian dari kawasan Ngarai Sianok.

Berlokasi di Jalan Panorama, Bukittinggi, pengunjung bisa bersantai sambil mengagumi keindahan Ngarai Sianok atau membeli suvenir khas Bukittingi di toko-toko yang ada di sekitar.

Selain bisa menikmati pemandangan ngarai, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar tebing-tebing berbukit, serta tulisan “Panorama Ngarai Sianok” yang tersedia di sana.

Ingin aktivitas wisata alam Bukittinggi yang lebih menantang? Kamu bisa menjelajahi Lobang Jebang.

Dikutip dari Tribun Travel, Lobang Jepang konon merupakan salah satu peninggalan zaman penjajahan Jepang.

Jika berminat menyusurinya, nantinya wisatawan bakal keluar di tepi jalan dekat ngarai atau jaraknya sekitar 1,5 kilometer.

4. Sajuta Janjang Lereng Singgalang

Sajuta Janjang Lereng Singgalang bisa menjadi pilihan wisata alam Bukittinggi yang dapat dikunjungi.

Dikutip dari situs , lokasinya ada di Kenagarian Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, atau sekitar 5 kilometer dari pusat kota Bukittinggi.

Karena berada di ketinggian, untuk mencapai lokasi ini kita perlu menempuh sejumlah rute jalan menanjak. Namun, di sepanjang jalan kita juga bisa menikmati pemandangan alamnya dari ketinggian.

Dikutip dari , mengunjungi destinasi ini tak dipungut biaya tiket masuk. Nantinya, kita perlu menaiki anak tangga hingga sampai di ketinggian.

Di sana, para pengunjung biasanya berfoto dengan latar pemandangan alam atau anak-anak tangga yang cukup indah untuk dijadikan latar foto.

Ada pula jembatan warna-warni serta spot Instagramable untuk berfoto.

5. Air Terjum Proklamator

Air Terjun Proklamator mungkin menjadi salah satu destinasi wisata alam Bukittinggi yang belum begitu populer dan terbilang baru.

Sebab, air terjun ini baru ditemukan dan dibuka pada 2022.

Dikutip dari (04/08/2022), lokasinya di Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar. Jika berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau menggunakan kendaraan, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam.

Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan air yang mengalir dari Gunung Singgalang. Titik yang ditemukan sebagai tempat wisata berada di tingkat ketiga.

Jika ingin berkunjung, kamu bisa datang mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Jangan datang pada malam hari karena penerangan dan tanda jalan sangat minim, sehingga relatif berbahaya.

Harga tiket masuknya Rp 10.000 per orang.

Destinasi ini cocok bagi kamu yang gemar petualang karena ketika datang pengunjung perlu menempuh jalan setapak yang cukup licin terutama selama musim hujan, serta beberapa anak tangga pada awal perjalanan.

Namun, upaya menempuh perjalanan yang menantang bakal terbayarkan dengan pemandangan indah air terjun serta airnya yang biru kehijauan jernih.