Saat ini, banyak masyarakat yang lebih memilih untuk belanja berbagai kebutuhan melalui situs penjualan online.

Di era transformasi digital seperti sekarang, banyak orang yang lebih memilih berbelanja melalui platform ecommerce. Tentunya hal ini menjadi peluang yang dapat mendorong pengguna untuk menjajaki ranah digital dalam menjual berbagai produk. 

Melihat adanya peluang tersebut, Rio Pebrian, pemilik toko Kahasil di platform Lazada, memulai langkahnya untuk menjadi penjual online. Secara perlahan, Rio berhasil menjadi penjual yang sukses di platform tersebut dan dapat memberdayakan masyarakat di sekitarnya. 

Melalui keterangan resmi yang diterima, Rio turut membagikan tips dan langkahnya untuk sukses berjualan di ecommerce. Simak langkahnya berikut ini. 

Mantapkan niat untuk menjadi penjual online

Rio menjabarkan kesuksesan yang diraihnya dilakukan secara bertahap, selangkah demi selangkah. Ia mengungkap, niat untuk menjadi penjual online di situs ecommerce telah ada sejak dirinya masih duduk di bangku SMA. 

Saat itu, ia memutuskan untuk mengambil langkah kecil membangun bisnis dengan berjualan aksesoris smartphone. Ternyata usaha Rio ini dapat memberikan keuntungan dan mendorongnya untuk terus berjualan hingga lulus sekolah. 

“Langkah pertama saya didorong dengan keinginan untuk tidak lagi bergantung dengan orang tua dan menghasilkan pendapatan secara mandiri saat saya duduk di bangku SMA,” tuturnya. 

Jeli membaca peluang

Selanjutnya, langkah yang dilakukan untuk bisa berhasil dalam berjualan secara online yaitu dengan jeli membaca peluang yang ada. Menurut Rio, hal ini bisa dilakukan dengan mengamati tren yang ada untuk mendapatkan peluang baru. Atas dasar ini juga, Rio berani untuk mencoba taktik baru dengan menjadi reseller grosir tas dan dompet melalui platform ecommerce Lazada. 

“Saya berani coba aja dulu. Akhirnya, penjualan pertama itu saya dapatkan di Lazada,” tambah Rio. 
 
Memberdayakan masyarakat sekitar

Setelah toko yang dimiliki di platform ecommerce semakin berkembang, tips selanjutnya yaitu dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Rio mengungkap, dirinya mempunyai visi untuk mengembangkan brand dengan produk-produk buatannya sendiri setelah toko yang dimiliki berkembang. 

Untuk itu, toko Kahasil yang dimiliki Rio kemudian menggaet para pengrajin, komunitas hingga ibu rumah tangga di kampung halamannya untuk turut bekerja sama. Kembali melihat peluang yang ada, ia juga menjual produk makanan yang diproduksi oleh ibu rumah tangga yang berada di sekitarnya. 

Konsisten untuk terus belajar

Langkah selanjutnya adalah konsistensi dalam belajar. Rio mengungkap, dirinya terus mempelajari dan memanfaatkan beberapa fitur yang ada di Lazada untuk membantunya mengembangkan Kahasil. Salah satunya yaitu fitur Bocoran peluang di Seller Center. Fitur ini disebut mampu membantu para seller untuk memahami lebih jauh mengenai tren dan produk yang sedang diminati konsumen. 

“Saya pikir canggih juga ya fitur ini bisa kasih tahu saya tren yang ada di pasar saat ini. Dan, ini sangat membantu dalam membuat strategi bisnis untuk memutuskan produk yang harus dijual,” ujar Rio. 
 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.