Jika kamu belum memiliki smartwatch dan ingin segera membelinya, mungkin sulit untuk menentukan pilihan. Berikut adalah tips agar kamu dapat memilih sesuai kebutuhan.

Jam tangan pintar (smartwatch) merupakan salah satu produk konsumen yang paling banyak dicari saat ini. Ada banyak pilihan model dan merek dari wearable tersebut sehingga orang-orang susah menentukan apa yang terbaik menurutnya. Agar mengetahui fitur yang tepat dalam memilih smartwatch, berikut adalah beberapa tips sebelum membeli yang dirangkum dari cashify.in.

Layar

Layar telah menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian smartwatch. Pada smartwatch premium seperti Apple dan Samsung, kamu dapat menemukan layar OLED. Namun dengan pilihan yang lebih terjangkau, maka akan ada pilihan layar LCD. Sebagai informasi, layar LCD akan memiliki masa pakai yang lebih boros jika dibandingkan dengan layar OLED.

Sistem operasi dan aplikasi

Sebelum memulai dengan pemilihan aplikasi, kamu perlu memutuskan sistem operasi smartwatch mana yang ingin dipilih. Jika kamu memiliki iPhone yang berjalan di iOS, maka dapat menggunakan smartwatch apapun tetapi kompatibilitas terbaik hadir dengan seri Apple Watch. Dan jika kamu memiliki smartphone Android, maka dapat memilih merek apapun kecuali Apple Watch karena tidak kompatibel dengan Android.

Direkomendasikan untuk memilih smartwatch apa pun yang diberdayakan oleh Google Wear OS jika kamu memiliki ponsel Android dan menggunakan Apple Watch jika kami memiliki iPhone. Pengaturan ini akan memberikan kompatibilitas maksimum dan minim gangguan.

Fitness tracking

Fitness tracking adalah alasan terbesar mengapa orang beralih ke smartwatch. Banyak produsen smartwatch juga menyertakan GPS terintegrasi yang sangat berguna untuk melacak aktivitas lari atau berjalan di luar ruangan.

Smartwatch dari perusahaan seperti Garmin lebih berfokus pada fitness dan menawarkan fitur tambahan seperti pelacakan varian detak jantung, deteksi olahraga otomatis, estimasi waktu pemulihan, peta onboard, dan banyak lagi.

Daya tahan baterai

Baterai tetap menjadi salah satu fitur populer yang dikeluhkan sebagian besar pengguna, tetapi ada banyak peningkatan di bidang itu baru-baru ini. Kamu dapat mengharapkan masa pakai baterai 2 hari dari smartwatch seperti Apple dan bahkan perangkat Wear OS. Smartwatch yang menggunakan prosesor Snapdragon 3100 mendukung masa pakai yang lebih lama hingga 5 hari dengan sekali pengisian daya. Perangkat lain dengan fitur lebih sedikit dapat bertahan 5 hingga 7 hari, tetapi ini sudah mencakup sebagian besar fitness tracker yang tersedia di pasar.

Banyak smartwatch yang mendukung pengisian daya cepat. Misalnya, Apple menjanjikan bahwa smartwatch Apple Watch Series 7 dapat mengisi dari 0 hingga 80% hanya dalam 45 menit, ini 33% lebih cepat dibandingkan dengan Watch Series 6. Smartwatch OnePlus baru bahkan lebih cepat dan dapat berubah dari 0 hingga 43% hanya dalam 10 menit pengisian daya.

Komunikasi

Smartwatch juga memudahkan kamu untuk tetap mendapat notifikasi seperti pesan teks dan panggilan tak terjawab. Hanya dalam sekali lihat, kamu dapat memeriksa siapa yang menelepon atau mengirim pesan (seperti SMS, WhatsApp, atau lainnya) tanpa melihat ponsel.

Beberapa smartwatch memungkinkan kamu mengirim balasan singkat yang telah ditentukan sebelumnya dari perangkat jika ada notifikasi pesan teks masuk. Smartwatch premium lainnya seperti Apple dan Samsung memberi kamu opsi untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan dari siapa pun.

NFC

Banyak smartwatch juga menyertakan fitur seperti NFC yang memungkinkan kamu membayar barang tanpa mengeluarkan dompet. Cara kerjanya adalah kamu hanya perlu menyimpan informasi kartu kredit atau debit, dan mendekatkan smartwatch ke NFC reader untuk membayar produk yang mendukung.

Perlu diingat bahwa smartwatch yang berbeda menggunakan metode pembayaran yang berbeda pula. Seperti smartwatch Apple menggunakan Apple Pay, perangkat Wear OS menggunakan Google Pay. Sedangkan smartwatch Fitbit dan Garmin memiliki versi mereka sendiri yang disebut Fitbit Pay dan Garmin Pay.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.