detikfakta.com – Komandan Korem (Danrem) 042/Gapu Brigjen TNI Supriono saat mengecek langsung personel gabungan TNI, Polri dan petugas bandara pada Pos Terpadu Bandara Sultan Thaha Jambi mengingatkan kepada petugas untuk tetap menjalani standar operasional prosedur (SOP) dalam melayani pemudik pada arus mudik Idul Fitri/Lebaran 1444 Hijriah.

“Usai mengecek pos terpadu tersebut, Dandrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono langsung melanjutkan pengecekan pelayanan di dalam bandara tersebut,” kata Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 042/Gapu Mayor (Inf) RM Hatta, di Jambi Jumat (21/4).

Danrem dan rombongan tanpa ada rasa tersinggung mengikuti semua standar prosedur keamanan yang diterapkan pihak Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi untuk diperiksa satu per satu oleh petugas sesuai SOP.

“Danrem menerima dengan baik dan sangat setuju, siapapun yang memasuki area security bandara harus diperiksa dengan saksama,” kata RM Hatta.

Sementara itu Eksekutif General Manager (EGM) AP II Cabang Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi Siswanto tidak menyangka jika seorang jenderal bintang satu bersedia mengikuti regulasi yang ada di Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

“Saya melihatDanrem itu luar biasa dalam mencontohkan keteladanan kepada masyarakat luas, bahwa seorang jenderal pun dengan senang hati diperiksa sesuai SOP di bandara,” katanya.

Menurutnya, ini contoh kepada masyarakat yang diperlihatkan seorang jenderal dan itu berarti bandara memiliki regulasi yang harus ditegakkan karena ini terkait SOP penerbangan.

Menurutnya, bandara itu punya aturan tersendiri dan regulasinya adalah regulasi internasional.

“Siapapun itu penumpang yang masuk ke ‘boarding lounge’ yang akan masuk pesawat akan diperiksa petugas, meskipun itu pejabat atau jenderal sekalipun SOP-nya seperti itu,” kata Siswanto.

Kemudian, Danrem dan rombongan melakukan pantauan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bagi semua orang yang mudik melalui bandara STS Jambi, baik yang berangkat maupun yang datang.

Pada kesempatan tersebut Danrem juga menyempatkan untuk berinteraksi dengan para pemudik dan meninjau Pos Terpadu Lebaran 2022 yang ada di Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi.