TikTok perkenalkan program ‘Follow Me’ untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam mengembangkan komunitas dan bisnis mereka di TikTok.

Salah satu platform media sosial yang sedang digandrungi oleh banyak orang, TikTok, telah resmi memperkenalkan “Follow Me”, sebuah program global multi-channel yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan membantu UKM di Asia memanfaatkan kekuatan TikTok guna mendorong bisnis.

Program yang berdurasi selama enam minggu ini akan dimulai pada akhir Juni hingga awal Agustus. Program Follow Me akan membekali UKM dengan informasi, tips, dan wawasan dari sesama pengguna di dalam platform mengenai perjalanan bisnis mereka di TikTok. Dengan kata lain, Follow Me akan memandu UKM yang hendak menuangkan cerita mereka ke dalam video kreatif sekaligus membangun komunitas mereka di dalam platform.

“Para pemilik bisnis UKM dituntut untuk memainkan banyak peran demi keberlangsungan bisnisnya – mulai dari menjadi seorang CEO, kepala pemasaran, hingga menjadi tetangga yang ramah sekaligus pilar fondasi untuk mendukung rekan sejawatnya. Kami memahami bahwa para pelaku bisnis UKM memiliki banyak peran dan tanggung jawab, dan program Follow Me akan membekali UKM dengan pengetahuan dan pemahaman yang mereka butuhkan untuk digunakan secara efektif sebagai daya ungkit maksimal pertumbuhan bisnisnya,”kata Head of Small and Medium Businesses, TikTok APAC, Esme Lean.

Dengan ekosistem kreator dan komunitas yang berlapis dan masif di dalam platform, program ini akan membantu UKM untuk bertemu dengan konsumennya. Seperti pengguna atau komunitas di TikTok yang menemukan brand baru dan menginformasikan brand tersebut kepada orang lain.

Untuk membantu para UKM mengakses sumber daya guna mengawali perjalanan mereka di TikTok. Platform ini membuat halaman pembuka (splash page) khusus pada tanggal 7 Juli yang berisi tutorial dari UKM yang berada di wilayah Asia, antara lain merek tas Oktaviana Tas Grosir, perusahaan kecantikan, kesehatan, dan kebugaran Fondokmai, produsen saus Purefoods, pusat pembelajaran Bahasa Inggris Step Up English, merek kosmetik Alive Lab, toko roti Goldelucks, di mana para UKM ini akan menceritakan perjalanan bisnis mereka di TikTok, sekaligus berbagi kiat tentang cara memanfaatkan kekuatan komunitas dan elemen hiburan untuk memenangkan hati konsumen secara online.

Halaman pembuka ini juga akan mengkurasi beragam kategori pembelajaran berdasarkan tujuan pengunjung. Selain itu, TikTok juga akan mengirimkan serangkaian materi pembelajaran selama 6 minggu yang berisi panduan praktik terbaik untuk memulai kampanye pertama mereka di TikTok sekaligus mengintegrasikan kisah brand mereka ke dalam konten video.

Para pemilik UKM juga disuguhkan dengan manfaat lainnya seperti informasi untuk menyiapkan Akun Bisnis gratis, akses menuju Creative Centre untuk menemukan inspirasi konten, serta wawasan mengenai bagaimana fitur Ads Manager dan Promotion di TikTok dapat dimanfaatkan untuk memperkuat hasil kampanye.

Bersama program Follow Me, bisnis apa pun dapat mengintegrasikan berbagai format kreatif yang tersedia di TikTok ke dalam strategi pemasaran. Mulai dari berinteraksi, terhubung dengan audiens, dan terlibat langsung dengan audiens yang masif di TikTok.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.