TikTok kembali berkolaborasi dengan Gramedia untuk mengadakan kampanye #SerunyaMembaca di platform media sosial mereka.

Platform media sosial TikTok baru saja mengumumkan kolaborasinya dengan Gramedia untuk mengadakan kampanye #SerunyaMembaca. Pada kegiatan yang diadakan kedua kali ini, TikTok dan Gramedia turut menggandeng sebuah organisasi sosial yang berfokus pada perpustakaan anak di daerah Indonesia bagian Timur yaitu Taman Bacaan Pelangi. 

Kampanye bertajuk #SerunyaMembaca ini dilaksanakan seiring dengan bertambahnya jumlah konten edukatif yang terdapat pada platform video pendek asal Tiongkok tersebut. Ini juga termasuk konten seputar rekomendasi buku bacaan yang ada di TikTok. 

“Beberapa tahun belakangan ini, kami melihat peningkatan yang cukup pesat pada kategori konten edukasi, termasuk konten rekomendasi buku,” ujar Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead TikTok Indonesia lewat Zoom Meeting (6/7). 

Kevin menambahkan, partisipasi aktif dari pengguna aplikasi video pendek dari ByteDance mengenai konten buku juga terlihat melalui tagar #SerunyaMembaca yang berhasil mengumpulkan dua miliar views. Oleh karena itu, mereka kembali menyelenggarakan kampanye #SerunyaMembaca untuk menyediakan wadah bagi komunitas TikTok agar mendapatkan inspirasi buku bacaan yang bermanfaat.

“Kami sangat senang bisa kembali berkolaborasi dengan Gramedia dan menggandeng Taman Bacaan Pelangi untuk bersama menyebarkan semangat baca sekaligus memperluas akses buku bagi masyarakat Indonesia,” kata Kevin. 

Kevin berharap kampanye ini dapat memperlihatkan bahwa membaca juga bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk dilakukan. Ini dilakukan untuk meningkatkan semangat membaca serta mengedukasi komunitas TikTok agar memperluas pengetahuan lewat membaca buku. 

Sejalan dengan hal tersebut, Raja Tubagus Wijaya Kusuma, Marketing & Communication Manager Gramedia mengungkap, TikTok menjadi salah satu platform yang tepat untuk membantu mewujudkan misi literasi perusahaan. Hal ini berkaitan dengan tujuan Gramedia yaitu untuk meningkatkan literasi dan memberikan kemudahan akses tanpa batas pada dunia pengetahuan di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan teknologi. 

“TikTok sebagai sumber inspirasi lewat konten-konten edukasinya, menjadi salah satu alasan Gramedia untuk kembali bekerja sama untuk kampanye #SerunyaMembaca,” tambah Raja Tubagus. 

Kampanye ini akan dilaksanakan mulai tanggal 6 hingga 13 Juli 2022 dan dapat diakses melalui tagar #SerunyaMembaca di aplikasi TikTok. Lewat kampanye ini, pengguna TikTok dapat berbagi inspirasi seputar buku, termasuk rekomendasi dan fakta menarik tentang pustaka. Selain itu, pengguna juga dapat mengikuti diskusi yang dilakukan melalui akun TikTok resmi Gramedia bersama dengan sejumlah penulis dan figure publik. 
 
Sementara itu, dengan menggandeng Taman Bacaan Pelangi, kampanye #SerunyaMembaca ini juga turut menghadirkan program donasi buku di 10 cabang Gramedia dan perpustakaan Taman Bacaan Pelangi. Hasil donasi buku ini akan didistribusikan melalui Taman Bacaan Pelangu ke Kabupaten Nagakeo, Nusa Tenggara Timur dan wilayah Indonesia Timur lainnya. 

“Kami sangat mengapresiasi upaya TikTok dan Gramedia lewat kampanye #SerunyaMembaca ini untuk meningkatkan minat baca, juga meningkatkan akses bacaan lebih luas, lewat donasi buku yang dipercayakan kepada kami untuk disalurkan kepada masyarakat Indonesia lebih luas,” pungkas Widodo, Project Manager, Taman Bacaan Pelangi. 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.