TRIBUNWOW.COM – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan duka cita atas wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022).

Dilansir TribunWow.com, Jokowi menuturkan kiprah Tjahjo Kumolo yang sama-sama merupakan kader PDI-Perjuangan.

Melalui unggahan di akun Instagram @jokowi, sang presiden yang baru saja selesai berkunjung ke Rusia, mengaku mendengar kabar tersebut di perjalanan.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Meninggal, Ganjar Kenang Sosok Sahabat: Saya Belum Pernah Lihat Wajahnya Tampak Garang

“Saya tengah berada dalam lawatan di luar negeri ketika mendengar kabar duka dari Tanah Air bahwa Bapak Tjahjo Kumolo telah berpulang ke Rahmatullah di Jakarta pada hari Jumat pukul 11.10 WIB. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun,” tulis Jokowi.

Ia kemudian menuturkan sosok Tjahjo yang telah lama berkarya di bidang politik.

Menurut Jokowi, sang menteri meninggal ketika sedang berada di puncak pengabdian kepada negara di tengah tugasnya sebagai pembantu presiden.

“Semasa hidupnya, almarhum Tjahjo Kumolo adalah seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.”

Terakhir, Jokowi pun mengucapkan duka mendalam atas kepergian Tjahjo yang diketahui meninggal karena sakit infeksi paru-paru.

Ia pun mendoakan jenazah sang menteri yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata tersebut.

“Atas nama pemerintah, negara, dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya kuat dan tabah,” pungkasnya.

Baca juga: Profil Tjahjo Kumolo, Menpan RB yang Meninggal Dunia, Dikenal sebagai Sosok Tenang dan Sederhana

Tahu Wafatnya Tjahjo Kumolo saat di Luar Negeri, Jokowi: Beliau Berpulang di Puncak Pengabdiannya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah potret Menteri Pan-RB Tjahjo Kumolo dan mengucap duka cita atas kematiannya, Jumat (1/7/2022). (Instagram @jokowi)

Mahfud MD, AHY hingga Fadli Zon Beri Ucapan Duka

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Pria yang juga berstatus sebagai kader PDIP tersebut meninggal dunia karena sakit setelah sempat dirawat intensif di rumah sakit.

Dilansir TribunWow.com, ucapan duka datang dari banyak pihak seusai meninggalnya Tjahjo Kumolo.


Artikel ini bersumber dari wow.tribunnews.com.