Super Chat dan Super Stickers menambah sumber pendapatan baru bagi kreator yang tergabung dalam Program Partner YouTube.

YouTube resmi meluncurkan dua fitur monetisasi baru untuk para kreator di Indonesia. Melihat pertumbuhan ekosistem kreator di Indonesia dan bagaimana mereka membangun ikatan dengan penonton, YouTube akhirnya memboyong fitur Super Chat dan Super Stickers ke Tanah Air.

Super Chat dan Super Stickers menambah sumber pendapatan baru bagi kreator yang tergabung dalam Program Partner YouTube, sembari memperkuat hubungan mereka dengan para penonton. Fitur ini tidak hanya dapat digunakan saat live streaming dan Premiere, tetapi juga beragam video dari kreator.

“Kreator saat ini telah berkontribusi ke ekonomi kreatif dan mendefinisikan apa artinya menjadi pemimpin opini, menggunakan YouTube sebagai platform untuk menyebarkan hal – hal positif dan memulai perubahan. Oleh karena itu, kami terus berkomitmen untuk membantu para kreator membangun hubungan yang baik dengan penggemar mereka dan membangun lebih banyak cara untuk membantu mereka berkembang lebih jauh,” kata Barbara Macdonald, Product Manager, Paid Digital Goods YouTube.’

Super Chat merupakan pesan berwarna-warni yang dapat disorot di kolom chat pada saat streaming. Pesan Super Chat akan disematkan di bagian atas kolom chat, selama paling lama 5 jam, sehingga dapat dilihat oleh banyak orang.  

Di samping itu, Super Sticker berupa stiker, yang dapat dibeli penonton untuk mendukung kreator favoritnya. Stiker tersedia dalam berbagai jenis dan bahasa.

Super Chat & Stickers jadi sumber pendapatan baru YouTuber

Menurut salah satu kreator YouTube Indonesia, Christopher Devin, Super Chat memungkinkan penggemar memiliki interaksi yang lebih bermakna dengan kreator. 

“Salah satu cara yang dapat membantu kreator untuk berkembang adalah, pertama, monetisasi di luar iklan, kedua, fitur untuk memungkinkan interaksi yang lebih bermakna. Selain channel membership yang tersedia di Indonesia beberapa tahun lalu, super chat dan stiker memberi kreator akses ke sumber pendapatan tambahan sekaligus meningkatkan interaksi dengan komunitas kami” ujar Devin.

Selain Super Chat dan Super Sticker, Barbara juga mengumumkan fitur yang akan datang yang saat ini sedang dalam pengembangan, yaitu Super Thanks. Dengan fitur ini, penonton dapat menunjukkan rasa terima kasih lebih atas konten para kreator favorit mereka.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.