Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia Francisco de Asis Aguilera Aranda membahas kerjasama bantuan Pemerintah Kerajaan Spanyol di sektor transportasi di Indonesia, Kamis (30/6/2022).

Pertemuan dihadiri Muhammad Rapsel Ali, special advisor duta besar, Menhub juga didampingi Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri, dan sejumlah pejabat di lingkungan Kemenhub.

Kepada Menhub, Francisco de Asis Aguilera Aranda menawarkan bantuan beberapa proyek-proyek yang bisa dibangun di Indonesia khususnya terkait transportasi, proyek navigasi baik udara maupun laut, serta pembangunan rel kereta cepat.

Baca juga: Terbang ke Jepang, Menhub Bahas Tiga Proyek Transportasi di Indonesia

Khusus kereta cepat, Pemerintah Spanyol saat ini baru saja meluncurkan layanan moda transportasi baru yang terintegrasi dalam jaringan kereta api AVE mereka yang memiliki panjang lebih dari 4.000 km.

Layanan baru ini merupakan layanan kereta berkecepatan tinggi diatas 300 km/jam yang menghubungkan Kota Madrid dan Barcelona. Spanyol juga merupakan mitra kerja sama dalam pembangunan kereta cepat Makkah Madinah.

Spanyol Siap Garap Proyek Transportasi Indonesia, Menhub Tawarkan Lokasi di IKN Nusantara
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia Francisco de Asis Aguilera Aranda membahas kerjasama bantuan Pemerintah Kerajaan Spanyol di sektor transportasi di Indonesia, Kamis (30/6/2022).

Francisco de Asis Aguilera maupun Menhub menganggap model kereta berkepatan tinggi seperti di Spanyol itu juga sangat cocok diterapkan di Indonesia. Begitu juga dengan proyek-proyek transportasi dan navigasi lainnya.

Budi Karya Sumadi mengapresiasi tawaran dari Pemerintah Kerajaan Spanyol itu. Makanya, ia langsung menginstruksikan ke Dirjen terkait untuk segera mengirim infomemo mengenai proyek apa yang bisa dikerjasamakan dengan Spanyol. “Ini akan kita tindaklanjuti dengan pertemuan intensif lainnya,” kata Menhub.

Baca juga: Resmikan Penataan di Stasiun Pondok Ranji, Menhub: Dulu Macet dan Kumuh, Saat Ini Lebih Baik

Kementerian Perhubungan menawarkan proyek di sejumlah daerah di wilayah Indonesia. Termasuk di antaranya beberapa pelabuhan yang dianggap butuh kerja sama dan investasi.

Secara khusus, Budi Karya Sumadi juga menawarkan kepada Pemerintah Kerajaan Spanyol untuk berinvestasi dalam pembangunan di kawasan IKN Nusantara. Menurut Budi, mereka saat ini masih membutuhkan kerja sama dengan pihak luar untuk pembangunan dan pengembangan kawasan ibu kota negara baru tersebut.  


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.