Gan, sudah tahu, kan, kalau QRIS memungkinkan Juragan untuk terima pembayaran dari mana saja? Kemudahan yang diberikannya membuat QRIS saat ini sangat populer sebagai cashless payment. Kalau bisnis Juragan sudah punya QRIS, Juragan cukup menyediakan satu kode QR untuk terima pembayaran dari mana saja. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat pembayaran QRIS untuk usaha Juragan, yuk, simak artikel berikut!

Daftar Isi

Simak Manfaat Pembayaran QRIS untuk Bisnis Juragan
download aplikasi bukuwarung

Apa itu pembayaran QRIS?

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan standar QR code nasional untuk memfasilitasi pembayaran digital di Indonesia. Sebelum kemunculannya, Anda mungkin sudah familier dengan istilah kode QR. Berbeda dengan kode dua dimensi yang memuat informasi lebih banyak dibandingkan dengan kode batang, QRIS dilengkapi oleh kode QR yang terintegrasi ke banyak metode payment.

Dengan adanya QRIS, Juragan yang menjalani bisnis tidak hanya menyediakan cara pembayaran nontunai kepada pelanggan, lho. Standar QR code nasional yang diluncurkan Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia sejak 2019 lalu ini juga membuat meja kasir Juragan lebih rapi, tanpa gambar QR code yang berderet di meja. 

Setiap bisnis yang sudah menggunakan pembayaran QRIS memungkinkan setiap transaksi dapat dilakukan dengan pemindaian di satu tempat yang sama. Berikut beberapa kelebihan QRIS yang perlu Juragan tahu:

  • Universal – Juragan tidak perlu berbagai macam aplikasi pembayaran, sebab QRIS memungkinkan bisnis untuk menerima beragam jenis pembayaran hanya dengan satu QR code;
  • Gampang – QRIS menawarkan kemudahan sebagai keunggulan utama. Pembayaran dengan QRIS sangat mudah karena hanya butuh sekali pemindaian dengan aplikasi smartphone;
  • Untung – Juragan tidak perlu pusing dengan perbedaan tarif pembayaran, sebab QRIS hanya membutuhkan satu jenis kode saja;
  • Langsung – QRIS juga membuat transaksi berlangsung sangat cepat, sebab transaksi dapat diproses pada saat yang sama.

Baca Juga: Cara Menggunakan QRIS Agar Usaha Juragan Makin Untung

Kenapa Juragan harus pakai QRIS?

pembayaran qris
Photo by Claudio Schwarz on Unsplash

Selain kemudahan dan bisa membuat meja kasir lebih rapi, berikut beberapa alasan mengapa Juragan harus pakai QRIS.

Buat Toko Online Sendiri
  1. Bisa terima semua pembayaran cukup 1 QR 

Kelebihan QRIS yang bisa terima pembayaran dari mana saja didukung oleh fakta bahwa QRIS sudah terintegrasi dengan perusahaan layanan pembayaran digital di Indonesia. Jadi, pelanggan yang melakukan transaksi di bisnis Juragan bisa memilih sendiri mana platform dompet digital yang ingin digunakan dan bisa menikmati alternatif pembayaran yang lebih banyak fleksibilitas proses transaksi ini mungkin karena QRIS hanya perlu satu kode QR saja. 

  1. Uang langsung masuk rekening

Tidak hanya secara otomatis mencatat transaksi cashless payment ke dalam sistem, QRIS juga memungkinkan uang langsung masuk ke rekening Juragan. Dengan demikian, Juragan tidak perlu khawatir ada uang yang tercecer dan pemantauan riwayat transaksi akan lebih mudah setiap harinya. Catatan transaksi yang akurat dan rapi juga akan membantu Juragan untuk memanajemen bisnis dengan lebih gampang. 

  1. Transaksi tercatat otomatis

QRIS memiliki tujuan utama mempermudah pembayaran digital, Gan. QRIS memungkinkan pencatatan transaksi secara otomatis sehingga membuat transaksi lebih cepat dan praktis. Semakin menguntungkan karena QRIS membuat semua pembayaran nontunai dapat diawasi dari satu pintu saja dan transaksinya lebih cepat. 

atur keuangan usaha
  1. Mencegah kecurangan karyawan dan penipuan

Tidak bisa dipungkiri, masih sering terjadi penipuan uang palsu hingga kini. Jika Juragan ingin mencegah penipuan, Juragan bisa mengandalkan pembayaran QRIS. Usaha Juragan akan terhindar dari penipuan nontunai tersebut dengan menggunakan QR code. 

Sistem keamanan yang ada pada QRIS sudah terbukti sebab ada nomor OTP dan PIN yang menjadi informasi pribadi Juragan, sehingga ini juga akan mencegah kecurangan karyawan. Juragan bisa menjalankan bisnis dengan lebih aman dan nyaman.

  1. Lebih mudah dipantau dan dianalisis

Berhubung QRIS mencatat histori transaksi bisnis secara real time, Juragan bisa membuat pengelolaan keuangan bisnis menjadi lebih mudah dipantau dan dianalisis. Dengan kemudahan pemantauan dan analisis transaksi bisnis, Juragan bisa mengatur keuangan yang dimiliki untuk memberikan nilai keuntungan lebih besar.

atur keuangan usaha
  1. Proses pendaftaran gampang

Gan, kalau ingin mendapatkan QRIS, Juragan perlu melakukan proses pendaftaran. Tidak perlu khawatir karena proses pendaftaran QRIS gampang, kok. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kalau belum punya akun, Juragan perlu mendaftarkan diri secara online atau ke kantor terdekat untuk buka akun;
  • Lengkapi semua dokumen persyaratan dari PJSP tujuan;
  • Verifikasi akan dilakukan sebelum merchant ID dibuat dan mencetak kode QRIS;
  • Juragan akan menerima stiker QRIS dari pihak PJSP setelah proses verifikasi berhasil;
  • Jika stiker sudah diterima, lanjut dengan menginstal aplikasi sebagai merchant QRIS;
  • Juragan akan mendapatkan edukasi dari PJSP bagaimana terima pembayaran dengan QRIS.

Baca Juga: Cara Membuat QRIS

Yuk, bikin QRIS di BukuWarung!

Sudah saatnya, nih, Juragan mendaftarkan usaha ke BukuWarung yang bisa bikin QRIS. BukuWarung adalah aplikasi dan situs berbentuk mobile atau web-app yang dapat membuatkan kode QRIS untuk Juragan. Bekerja sama dengan BNI, BukuWarung bisa menerbitkan kode QRIS ini keluaran Bank Indonesia ini. Tujuannya untuk memfasilitasi pembayaran transaksi.

Kalau Juragan tertarik mengajukan QRIS BukuWarung yang praktis dan mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi BukuWarung, kemudian pada menu pembayaran, klik banner QRIS (pastikan aplikasi BukuWarung sudah diperbarui ke versi terbaru);
  • Lanjutkan dengan melakukan verifikasi akun, caranya klik “Ajukan QRIS Sekarang”;
  • Klik “Mulai Verifikasi” dan jangan lupa menyiapkan KTP (ikuti instruksi yang tertera);
  • Setelah verifikasi, Juragan bisa klik “Ajukan QRIS Sekarang”;
  • Lengkapi data usaha Juragan agar bisa terverifikasi;
  • Tambahkan pula nomor rekening yang akan menjadi penerima pembayaran QRIS;
  • Saat pengajuan sudah disetujui, maka aplikasi BukuWarung di menu pembayaran akan muncul bagian Terima Pembayaran pakai QRIS.

Baca Juga: Informasi Tentang QRIS

Kelebihan QRIS BukuWarung

Masih ragu untuk menggunakan QRIS BukuWarung, Gan? Biar semakin yakin, simak beberapa kelebihan pakai QRIS BukuWarung berikut:

  • Hanya dengan satu QR code, Juragan bisa terima pembayaran dari sumber yang beragam, seperti dompet digital atau bank yang digunakan oleh pelanggan;
  • Kemudahan proses pembuatan QRIS di BukuWarung yang tidak merepotkan;
  • Bonus 1.000 BukuPoin untuk setiap transaksi pertama QRIS minimal Rp 50.000
  • Lebih mudah mendapat akses pinjaman Solusi Modal Usaha dengan rajin pakai BukuWarung

Nah, itu tadi informasi mengenai apa saja manfaat pembayaran QRIS untuk bisnis Juragan. Kesuksesan sebuah bisnis didukung oleh kemampuan beradaptasi, salah satunya dengan pakai QRIS. Segera daftarkan usahamu untuk mendapatkan fitur QRIS di BukuWarung agar usahamu bisa berjalan dengan lebih lancar. Yuk, langsung saja download aplikasi BukuWarung di Google Play Store Juragan!

Artikel ini bersumber dari bukuwarung.com.