Instagram sedang menguji tampilan baru yang akan mengalihkan seluruh unggahan video di platform ke Reels.

Instagram sedang menguji tampilan baru yang mengubah unggahan video menjadi Reels. Perusahaan mengatakan perubahan yang saat ini sedang diuji oleh pengguna tertentu di seluruh dunia, adalah bagian dari rencana Instagram untuk menyederhanakan video di aplikasi.

“Kami sedang menguji fitur ini sebagai bagian dari upaya kami untuk menyederhanakan dan meningkatkan pengalaman video di Instagram,” kata juru bicara Meta dalam email, dikutip dari TechChrunch (1/7).

Berdasarkan unggahan konsultan media sosial Matt Navara, Instagram akan memberitahu pengguna bahwa video yang hendak mereka post akan muncul sebagai Reel.

Tangkapan layar yang dibagikan oleh Navara juga menampilkan pesan yang mengatakan apabila akun bersifat publik, maka video Anda dapat dilihat oleh siapapun melalui Reels. 

Pengguna lain juga dapat menggunakan audio asli dari Reels tersebut untuk Reels mereka sendiri. Sebaliknya, jika akun Anda disetel privat, Reels hanya dapat dilihat oleh pengikut. 

Pesan tersebut juga mencatat Reels yang sudah diunggah dapat dibuat remix oleh akun pengguna lain, dengan catatan akun Anda bersifat publik. Namun, fitur ini dapat dinonaktifkan melalui pengaturan akun.

Seperti pengujian lainnya, tidak diketahui kapan ini akan meluncur secara luas ke seluruh pengguna. Bisa jadi juga pembaruan tidak diluncurkan apabila pengujiannya gagal. 

Di samping itu, perubahan video menjadi Reels akan menimbulkan beberapa tantangan, termasuk bagi video horizontal. Ini akan menyulitkan pengguna Instagram dalam mem-posting video horizontal karena Reels sendiri adalah format video vertikal.

Upaya platform dalam mengintegrasikan fitur ini menunjukkan taruhan besar Meta terhadap Reels. Perusahaan mengungkapkan, pengguna Instagram kini menghabiskan 20% waktunya di Reels selama membuka aplikasi. Tidak heran jika Instagram ingin memperluas Reels lebih dengan mengganti seluruh postingan video.

Tahun lalu, CEO Instagram Adam Mosseri mengatakan Instagram “bukan lagi aplikasi berbagi foto” dan memprioritaskan video di tengah persaingan yang signifikan dengan TikTok dan YouTube. Mosseri menetapkan prioritas Instagram pada 2022 adalah menggandakan video dan fokus pada Reels. 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.