Twitter memperkenalkan ‘Unmention’ sebagai sebuah fitur yang memiliki kemampuan untuk menghapus percakapan yang tidak diinginkan di platform mereka.

Twitter akhirnya resmi meluncurkan fitur ‘Unmention’ untuk seluruh pengguna mereka secara luas. Sebelumnya, fitur ini telah diuji coba kepada beberapa pengguna tertentu yang mengakses platform media sosial mereka melalui website. 

Saat ini, semua pengguna Twitter bakal dapat menggunakan fitur ‘Unmention’ dari layanan mereka. Mengutip Engadget (12/7), lewat pembaruan terbaru ini, siapa pun dapat menghapus cuitan diri mereka sendiri, baik untuk pengguna yang mengakses platform tersebut menggunakan aplikasi ataupun situs web Twitter. 

Fitur ‘Unmention’ ini pertama kali diperkenalkan Twitter lebih dari setahun yang lalu dan telah diuji coba pada sekelompok kecil pengguna mereka pada April lalu. Perusahaan mengungkap, fitur ini ditujukan untuk melindungi dan memberikan rasa nyaman pada pengguna platform media sosial tersebut. 

Hal ini dimaksudkan untuk membantu menyaring percakapan tidak diinginkan yang seringkali berujung pada pelecehan di Twitter. Fitur ‘Unmention’ disebut, mampu membantu pengguna untuk keluar dari percakapan yang tidak diinginkan ketika akun mereka disebut tanpa izin di obrolan tersebut. 

Twitter menggambarkan ‘Unmention’ sebagai kemampuan untuk meninggalkan percakapan yang tidak diinginkan di platform. Fitur ini dapat memutuskan pegangan pengguna dari utas Twitter, sehingga mereka tidak akan ditandai ladi pada cuitan mendatang. 

Meski demikian, fitur ini tidak akan mencegah orang lain untuk melanjutkan percakapan. Setidaknya fitur ini akan melindungi pengguna dari balasan dan pemberitahuan orang tersebut. Pasalnya, orang lain tidak dapat membalas mereka dari utas yang sama.

Engadget menyebut, pembaruan ini adalah cara terbaru Twitter memberikan pengguna lebih banyak cara untuk mengontrol bagaimana orang dapat berinteraksi dengan mereka. Terutama, di saat mereka lebih rentan untuk mendapatkan pelecehan di platform tersebut. 

Di samping itu, perusahaan diketahui telah menguji ‘mode keamanan’ pada platform media sosial miliknya. Fitur ini akan berfungsi secara otomatis untuk memblokir akun bermasalah yang terdapat di Twitter. 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.