Samsung Galaxy A04 resmi rilis secara global, bakal segera masuk ke pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Samsung secara diam-diam telah menambahkan smartphone terbaru dari keluarga lini seri Galaxy A Series. Perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini dilaporkan telah meluncurkan Samsung Galaxy A04 secara global, Rabu (24/8). 

Sebagai penerus ponsel Galaxy A03 yang telah dirilis pada November 2021 lalu, smartphone Galaxy A04 ini tidak membawa perubahan yang signifikan. Kendati demikian, saat ini ponsel tersebut telah muncul di halaman resmi Samsung. 

Berdasarkan informasi dari GSMArena (24/8), Samsung Galaxy A04 mempunyai sejumlah kesamaan dengan smartphone pendahulunya yakni Galaxy A03. Kesamaan ini meliputi aspek daya, layar dan kamera yang terdapat di kedua perangkat tersebut. 

Serupa dengan Galaxy A03, smartphone terbaru dari Samsung ini juga menampilkan layar Infinity-V dan memiliki dua kamera di bagian belakang yang digabungkan dengan lampu kilat LED. Bedanya, desain belakang Galaxy A04 terlihat lebih ringkas dibandingkan dengan smartphone pendahulunya. 

Galaxy A04 ini mempunyai dua sensor kamera di bagian belakang yang ditanamkan pada bodi tanpa modul kamera. Ini meliputi kamera utama berukuran 50MP dan kamera depth sensor yang berukuran 2MP. Ini juga akan dilengkapi dengan lampu kilat LED yang terletak pada sisi kanan di antara kedua kamera. 

Pada bagian depan ponsel, Samsung menghadirkan layar LCD berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+. Tampilan layar ini juga akan dilengkapi dengan notch yang berfungsi sebagai tempat kamera selfie berukuran 5MP. 

Sedangkan untuk dapur pacunya, Samsung Galaxy A04 akan didukung dengan chipset octa-core dan menjalankan sistem operasi One UI Core 4.1 berbasis Android 12. Tidak disebutkan nama dari chipset yang menjadi pendukung smartphone ini, namun diduga Samsung membawa chipset Exynos 850 mereka untuk menjadi prosesor utama Galaxy A04. 

Smartphone ini memiliki tiga opsi RAM serta penyimpanan internal yakni 4GB/32GB, 6GB/64GB dan 8GB/128GB. Penyimpanan ini juga didukung dengan kehadiran slot kartu microSD untuk ekspansi penyimpanan hingga 1TB.

Samsung Galaxy A04 akan mendukung jaringan 4G, konektivitas Bluetooth 5.0 dan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4GHz dan 5GHz). Samsung juga menanamkan baterai berukuran 5.000 mAh dan menghadirkan empat pilihan warna untuk smartphone Galaxy A04. 

Sayangnya, sejauh ini pihak perusahaan belum memberikan informasi resmi mengenai ketersediaan dan harga dari smartphone Galaxy A Series terbaru tersebut. Detail terkait ketersediaan dan harga ini diharapkan bakal muncul di website resmi Samsung dalam beberapa hari ke depan. 

Sebagai informasi, saat ini smartphone Samsung Galaxy A04 telah terdaftar di situs TKDN Kemenperin dan Postel Kominfo. Artinya, tidak lama lagi perangkat tersebut bakal segera meluncur ke pasar Indonesia. 
 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.