detikfakta.com

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima brevet dan wing penerbang kehormatan kelas 1 dari TNI Angkatan Udara setelah menjajal pesawat tempur F-16 selama kurang lebih 30 menit, Rabu (8/3/2023) kemarin.

Bagi Prabowo, brevet dan wing yang ia terima seolah-olah mewujudkan cita-cita masa kecilnya untuk menjadi seorang penerbang Angkatan Udara.

“Saya tentunya merasa bangga, waktu muda saya ingin jadi penerbang Angkatan Udara, tapi akhirnya masuk ke Angkatan Darat enggak apa-apa, ujungnya juga saya dapat wing kehromatan,” kata Prabowo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu.

Prabowo mengatakan, pengalamannya menumpangi pesawat F-16 luar biasa karena pesawat itu melesat dengan sangat cepat.

“Pesawat tempur itu sangat cepat, dalam 5 menit (setelah lepas landas) kita sudah di Pelabuhan Ratu, sangat cepat,” kata Prabowo.

Prabowo menuturkan, ini merupakan pertama kalinya menunggangi pesawat tempur F-16.

Oleh sebab itu, sebelum terbang, ia melakukan persiapan khusus dengan menyimak pengarahan yang menurutnya tidak sederhana.

“Ada briefing, begini, begini, begini, tangan harus di mana, begitu banyak (arahan) aduh aku pusing juga. Kalau saya sekarang tes masuk Angkatan Udara pasti enggak lulus,” kata Prabowo.

Bukan Soal Gampang

Prabowo melanjutkan, selain sebuah kebanggaan dan kehormatan baginya, pengalaman menjajal pesawat tempur juga membuatnya menyadari bahwa tidak mudah untuk menjadi seorang penerbang.

Menurut Prabowo, bangsa Indonesia sangat beruntung memiliki personel TNI, baik itu dari Angkatan Udara, Angkatan Laut, maupun Angkatan Darat.

“Ini kehormatan tapi lebih saya diberi pengalaman sehingga saya sangat-sangat appreciate, saya sangat-sangat merasakan pertahanan itu tidak gampang,” kata dia.

Ia menyebutkan, cepatnya pesawat tempur dapat melaju menunjukkan bahwa personel TNI, khususnya penerbang, mesti memiliki reaksi yang cepat.

“Anda bayangkan, reaksi para penerbang kita, reaksi para panglima-panglima kita ambil keputusan kalau ada gangguan dari luar, ini masalah menit,” ujar Prabowo.

Ia menegaskan, tanpa adanya pertahanan yang kuat, maka kedaulatan Indonesia akan terus diganggu dan kekayaan alamnya akan diambil.

“Kita semakin harus sadar bahwa pertahanan itu bukan suatu kemewahan, pertahanan adalah suatu syarat untuk kita terus merdeka. Tanpa pertahanan yang kuat, kita akan selalu diganggu,” kata Prabowo.

Pujian Prabowo untuk TNI AU

Bukan kali ini saja sebenarnya Prabowo memuji kehebatan TNI AU.

Ketika hendak mengunjungi Lanud Iswahjudi di Magetan, Jawa Timur pada 8 Juli 2022, Prabowo sempat disambut pesawat TNI AU ketika masih terbang di pesawat.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku terharu atas perhatian yang diberikan TNI AU kepadanya.

“Saya mau bikin pengakuan. I’m not joking. Benar. Tadi saya pakai kacamata gelap. Air mata saya keluar lihat angkatan udara saya. Saya bangga sama kalian,” kata Prabowo diikuti tepuk tangan para prajurit muda TNI AU, dikutip dari siaran pers, Sabtu (9/7/2022).

Prabowo menegaskan bahwa dirinya berupaya semaksimal mungkin mewujudkan tekad membangun TNI AU yang unggul dan kuat.

“Saya ingin TNI AU kita unggul dan kuat! Koopsudnas juga harus kuat menjaga wilayah yang sangat luas,” ujar dia.

Pujian lain diberikan Prabowo ketika menghadiri acara Indo Airspace 2022 di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Menurutnya, ketika masih muda, dirinya sangat ingin menjadi pilot pesawat tempur TNI AU. Alasannya, karena pilot pesawat TNI AU memiliki pacar terbaik.

“Sebagai anak muda, saya selalu ingin menjadi pilot karena saya melihat pilot Angkatan Udara semuanya punya pacar yang terbaik,” kata Prabowo disambut tawa hadirin.

Prabowo mengatakan, ketika masih berstatus kadet, ia juga iri dengan kader Angkatan Udara yang dibolehkan menggunakan kaca mata penerbang sedangkan ia yang berstatus taruna Angkatan Darat tidak dibolehkan.

Namun, pada akhirnya, Prabowo mengaku kagum dengan para pilot Angkatan Udara karena menurutnya tak mudah untuk menjadi pilot modern.

Ia mengatakan, tak mudah pula menjadi seorang prajurit Angkatan Laut maupun Angkatan Darat di dunia modern.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey