Proyektor Canon MP250 memiliki desain yang sangat ringkas. Ukurannya hampir sebesar telapak tangan dengan baterai internal. Ini termasuk proyektor pintar, dengan sistem operasi Android.

Canon MP250 merupakan proyektor portabel yang berukuran sangat ringkas. Karena desainnya yang minimalis, proyektor ini dapat digunakan untuk melakukan presentasi di mana saja, serta mudah diakses karena tidak membutuhkan waktu lama untuk mengaktifkannya. Sumber cahaya dari MP250 adalah LED yang menjanjikan daya tahan penerangan hingga 20.000 jam.

Desain & fitur

Karena masuk ke dalam proyektor portabel, Canon MP250 memiliki ukuran hampir sama seperti lebar telapak tangan, atau lebih tepatnya berdimensi 12 x 12 x 3,3 cm. Dari dimensi tersebut, bisa kita lihat bahwa proyektor portabel buatan Canon ini memiliki desain persegi dengan ketebalan hanya sekitar 3 cm. Karena memiliki ukuran minimalis, tentu saja proyektor ini berbobot cukup ringan, hanya 407 gram.

Lensa proyektor ini terdapat pada bagian depan sebelah kiri. Sayangnya, tidak ada penutup untuk keamanan lensa. Meski demikian, lensa MP250 dibuat agak mengarah ke dalam bodi sehingga bisa dikatakan cukup aman dari objek eksternal atau bahkan noda sidik jari. Tepat di sebelah kanan lensa, terdapat beberapa lubang ventilasi udara yang dibuat memanjang sehingga terlihat serasi dengan desain garis-garis pada tepinya.

Review Canon MP250

Pada bagian sisi kanan proyektor, terdapat tombol daya, port microSD, akses Battery Switch, dan cincin pengaturan fokus. Tombol daya tersebut dibuat agak masuk ke dalam sehingga menghindari akses tertekan secara tidak sengaja. Cincin fokus dibuat dengan mekanisme geser dan bergerigi sehingga mudah diakses menggunakan tangan.

Pada bagian sisi belakang, terdapat berbagai port lagi, yang terdiri dari dua USB (salah satunya dapat digunakan untuk mengisi ulang perangkat seperti ponsel atau lainnya), Service Key, port audio (untuk menghubungkan speaker eksternal), 1 HDMI untuk input sumber video, dan port daya.

Port USB dan slot microSD berguna untuk membaca file dari penyimpanan eksternal. Dengan demikian, pengguna tidak harus selalu terhubung ke komputer untuk menampilkan materi presentasi atau memutar film. Selain itu, terdapat memori internal dengan kapasitas 4 GB yang bisa digunakan untuk menyimpan video, foto, dan dokumen yang sering digunakan seperti file Microsoft Word, PowerPoint, dan PDF.

Kaki penyangga proyektor portabel ini terbuat dari material karet. Ini sangat berguna ketika M250 diletakkan diatas permukaan yang rata, karena material karet tersebut mengurangi kemungkinan proyektor bergeser secara tidak sengaja dan berujung pada pengulangan pengaturan fokus proyeksi. Pada bagian bawah depan, terdapat pula kaki penyangga tambahan yang berguna agar proyektor agak menghadap ke arah atas. Sayangnya, kaki penyangga tambahan tersebut tidak memungkinkan proyektor untuk diatur dalam beberapa derajat kemiringannya.

Karena memungkinkan dimiringkan untuk dapat menghadap ke atas menggunakan kaki penyangga tambahan, maka Canon melengkapi proyektor MP250 dengan fitur auto vertical correction. Artinya, perangkat ini mampu menyesuaikan gambar yang terdistorsi secara vertikal. Respons yang dihadirkannya pun cukup cepat dan secara akurat membenarkan hasil proyeksi. Fitur auto vertical correction mampu meluruskan gambar hingga kemiringan 40 derajat.

Agar benar-benar dapat digunakan tanpa campur tangan PC, selain dengan memori internal dan port untuk perangkat penyimpanan eksternal, Canon MP250 juga memiliki fitur mirroring. Artinya, proyektor ini dapat terhubung dengan ponsel (Android/iOS) untuk menampilkan konten yang ada di layar perangkat tersebut. Caranya pun sangat mudah digunakan, pertama-tama pilih menu ‘Mirroring’ pada proyektor, selanjutnya pilih pengaturan mirroring/casting pada ponsel dan pilih ‘Canon MP250’.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.