detikfakta.com – RANS PIK Basketball harus melalui overtime sebelum akhirnya menang 94-87 atas Mountain Gold Timika, dalam lanjutan IBL Tokopedia 2023 Seri 5 Semarang, Minggu.

RANS tertinggal di babak pertama, sebelum mereka berhasil membalikkan keunggulan di kuarter keempat. Namun, lagi-lagi Shavar Newkirk menunda pesta RANS di waktu normal, sebab kemenangan RANS baru bisa ditentukan setelah overtime.

“Bukan pemainan bagus dari kami untuk pertandingan hari ini. Seharusnya tidak banyak turnovers yang tercipta. Kami harus banyak belajar dari pertandingan hari ini,” ujar Akeem Scott, dikutip dari laman resmi IBL.

Pada akhir kuarter ketiga, RANS masih tertinggal 59-64. Kemudian di awal kuarter keempat, RANS melaju 7-0 untuk membalikkan keunggulan menjadi 66-64.

Setelah itu, pertandingan berubah panas. Kedua tim sempat sama kuat 71-71 di pertengahan kuarter keempat.

RANS seharusnya bisa mengunci kemenangan setelah Agus Salim menambahkan dua angka di sisa 17 detik, dengan unggul 80-77.

Namun, Shavar Newkirk mencetak tembakan three point untuk menyamakan kedudukan, tepat di sisa 16 detik pertandingan waktu normal berakhir. Sehingga, laga harus dilanjutkan melalui babak tambahan waktu — keenam sepanjang musim reguler 2023.

Pada overtime, RANS lebih rajin mencetak angka di bawah Akeem Scott. Dia membukukan tujuh angka dari total 14 angka RANS di overtime, hingga RANS berhasil mengakhiri laga dengan kemenangan 94-87.

Akeem Scott tampil luar biasa dengan membukukan 26 poin, 10 rebound, dan lima assist. Agus Salim dan Althof Satrio masing-masing mencetak 15 poin. Sementara, Alexander Franklyn menyelesaikan laga dengan catatan 11 poin.

Di sisi Mountain Gold, Shavar Newkirk mencetak 33 poin, 10 rebound, dan lima assist. Jarrid Famous membukukan 18 poin. Jan Misael Panagan menyumbang 11 poin. Mountain Gold sudah kalah lima pertandingan berturut-turut sejak seri Solo.