Suara.com – Apakah kalian sudah tahu jadwal puasa dzulhijjah 2022 mulai kapan? Bulan Dzulhijjah bukan hanya identik dengan perayaan Hari Raya Idul Adha atau lebaran haji dan penyembelihan hewan kurban saja.

Memasuki sepuluh hari pertama di bulan tersebut, umat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, seperti perbanyak dzikir, sedekah, baca Al-Qur’an, dan puasa sunnah Dzulhijjah. Simak jadwal puasa Dzulhijjah 2022 mulai kapan berikut ini. 

Puasa Dzulhijjah memiliki keutamaan tersendiri bagi umat Islam jika dikerjakan dengan ikhlas. Ibadah ini juga menjadi ibadah sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW semasa beliau masih hidup. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya: 

Tidak ada hari dimana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.” 

Baca Juga:
Apa Hukum Puasa Tarwiyah? Ini Jawabannya

Dari hadits di atas mengungkapkan terkait dengan anjuran untuk memperbanyak amal ibadah pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Amal ibadah yang dianjurkan seperti membaca Al-Qur’an, berdzikir, bertasbih, bersilaturahim, dan juga berpuasa. 

Ibnu Hajar (w. 1449 M) dalam buju Fath al-Baarî menjelaskan, keistimewaan dari sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah tersebut disebabkan karena pada hari itu menjadi hari terkumpulnya ibadah-ibadah utama, yaitu shalat, puasa, sedekah, dan haji. Ibadah-ibadah di hari tersebut menjadi ibadah yang tidak dapat ditemukan di bulan lain. 

Lantas puasa Dzulhijjah 2022 mulai kapan? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Waktu Puasa Dzulhijjah 

Waktu pelaksanaan puasa sunnah bulan Dzulhijjah yaitu pada tanggal satu hingga sembilan Dzulhijjah. Khusus tanggal delapan dinamakan dengan puasa Tarwiyah dan ditanggal sembilan dinamakan puasa Arafah. 

Baca Juga:
Tata Cara Puasa Arafah dan Bacaan Niatnya

Berdasarkan ketentuan kalender Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), awal bulan Dzulhijjah 1443 H/2022 akan jatuh pada tanggal 1 Juli 2022 mendatang. Berdasarkan penetapan tersebut, berarti umat muslim di Indonesia bisa mulai menjalani ibadah puasa Dzulhijjah pada tanggal 1 Juli hingga 8 Juli 2022. 


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.