Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Protergo meluncurkan Sentinel, aplikasi seluler keamanan siber untuk melindungi pengguna smartphone dari kebocoran data, aksi peretasan dan virus.

Aplikasi Sentinel akan mendeteksi dan menganalisis virus secara real-time, lalu memblokir semua ancaman virus termasuk serangan Zero Day sehingga dapat secara proaktif melindungi perangkat dari malware.

Marco Cioffi, Co-Founder PT Protergo Siber Sekuriti perusahaan pencipta aplikasi Sentinel menyatakan, saat ini masyarakat Indonesia semakin dekat dengan teknologi dan menggunakan ponsel untuk berbagai kebutuhan, baik untuk berkomunikasi maupun bertransaksi secara digital.

Namun tren ini berdampak pada munculnya berbagai ancaman dunia maya yang menyerang perangkat mobile mereka.

“Sentinel merupakan solusi bagi masyarakat di Indonesia untuk memberikan perlindungan holistik terhadap perangkat seluler yang mereka gunakan,” kata Marco, Kamis, 30 Juni 2022.

Sentinel menawarkan keamanan dengan pembaruan firmware yang dapat membantu antivirus bekerja lebih optimal.

Fitur Safe Web, Sentinel dapat membantu pengguna mengamankan dan memblokir akses dari kejahatan, spam, phishing, domain buruk, atau situs yang tidak diinginkan menggunakan DNS Penjelajahan Bersih.

Baca juga: Pendiri Yuga Labs Tuding Orang Dalam Twitter Terlibat dalam Serangan Siber

“Sentinel juga akan memeriksa sistem keamanan perangkat yang mencakup kata sandi, pin, atau otentikasi lain yang diperlukan untuk membuka kunci perangkat,” katanya.

Berfokus pada pencegahan, Sentinel dapat membantu pengguna menghindari kehilangan perangkat seluler mereka berkat kemampuan melacak lokasi perangkat dan menunjukkan kepada pengguna lokasi perangkat sesuai dengan tempat terakhir kali masuk.

“Sentinel juga dapat mencegah pengguna diretas dengan memindai semua aplikasi yang terinstal sehingga dapat terlindungi dari malware, phishing, dan virus,” katanya.

Baca juga: Serangan Siber Kian Merajalela, Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik Jadi Incaran Peretas

Sentinel akan melaporkan setiap upaya pelanggaran email sehingga memungkinkan pengguna untuk segera mengubah kata sandi mereka jika perlu dan melindungi pengguna di media sosial khususnya Instagram dengan fitur Instagram Protection. 

\Sentinel dapat secara otomatis memeriksa keamanan Instagram hanya dengan memasukkan akun Instagram pengguna.

Baca juga: Microsoft Ungkap Serangan Siber yang Dilakukan Rusia Terhadap Ukraina

“Kami optimis digitalisasi di Indonesia akan semakin maju dengan dukungan dari berbagai pihak tidak hanya dalam memberikan edukasi cybersecurity kepada masyarakat tetapi juga pengembangan teknologi sebagai upaya preventif dalam mencegah ancaman cyber seperti komitmen Protergo,” kata Marco Cioffi.

Ke depan, Protergo akan lebih fokus dan lebih lanjut tentang cloud dan pengembangan konsumen, keamanan dan operasi. Sentinel dapat diunduh dari Google Play store di Indonesia dengan mencari Sentinel Protergo dan tahun ini aplikasi tersebut ditargetkan diunduh oleh 1 juta pengguna.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.