Google memiliki fitur bernama Program Perlindungan Lanjutan atau Advanced Protection Program. Program ini dapat digunakan untuk perlindungan dari serangan siber.

Tidak berlebihan jika mengatakan bahwa saat ini hampir semua profesi pekerjaan menyimpan data pribadi, pekerjaan, dan informasi sensitif secara online karena kemudahan akses yang ditawarkan. Semua orang pastinya ingin memastikan informasi yang disimpannya secara online tetap aman.

Namun, tidak bisa dipungkiri, para pengguna internet masih harus sangat berhati-hati dengan oknum tidak bertanggung jawab yang siap mengintai dan mencuri data pribadi.

Contohnya profesi Jurnalis dan aktivis HAM, mereka memiliki risiko yang tinggi untuk menjadi target serangan siber (online) karena memiliki visibilitas tinggi dan menyimpan informasi sensitif. Oleh karenanya, Google memiliki Program Perlindungan Lanjutan (Advanced Protection Program).

Pogram ini dapat dimanfaatkan sebagai perlindungan baru yang bisa ditambahkan secara otomatis untuk melindungi informasi diri dari berbagai macam ancaman siber saat ini. Berikut adalah Program Perlindungan Lanjutan dari Google untuk mengamankan Anda dari serangan siber:

1. Mencegah akses tidak sah masuk ke akun Google

Taktik phishing yang canggih dapat mengelabui pengguna yang paling melek teknologi sekalipun untuk memberikan kredensial login mereka kepada oknum penyerang siber. Dengan mendaftar Perlindungan Lanjutan, Anda diharuskan untuk menggunakan kunci keamanan yang merupakan hardware atau software khusus di ponsel.

Kunci keamanan ini digunakan untuk memverifikasi identitas Anda ketika login ke akun Google Anda. Pengguna yang tidak sah tidak akan dapat login tanpa kunci keamanan Anda, meskipun mereka memiliki nama pengguna dan sandi Anda.

2. Memberikan perlindungan tambahan dari aktivitas unduh yang berbahaya

Penyerang siber akan menggunakan banyak strategi untuk membuat Anda mengunduh software berbahaya, atau malware, dari web ke perangkat Anda. Perlindungan dari malware sudah disertakan di Google Chrome, tetapi Perlindungan Lanjutan akan melakukan pemeriksaan yang lebih ketat lagi terhadap setiap aktivitas download terdeteksi.

Perlindungan Lanjutan akan menandai, bahkan mencegah Anda mengunduh file yang mungkin berbahaya. Di ponsel Android Anda, hanya penginstalan aplikasi dari app store yang terverifikasi, seperti Google Play Store dan app store produsen perangkat Anda, yang diperbolehkan.

3. Menjaga keamanan informasi pribadi Anda

Saat mendaftar ke aplikasi atau layanan baru, Anda sering diminta untuk memberikan akses ke informasi di akun Google Anda, seperti kontak, lokasi, kalender, atau file Drive. Biasanya hal ini tidak menimbulkan risiko, tetapi beberapa penyerang siber bisa meniru layanan pihak ketiga yang sah untuk mendapatkan akses ke akun Anda. Untuk mencegah hal ini, Perlindungan Lanjutan hanya mengizinkan aplikasi Google dan aplikasi pihak ketiga terverifikasi untuk mengakses data akun Google Anda, dan hanya dengan izin Anda.

Untuk menggunakan Program Perlindungan Lanjutan dari Google, Anda dapat segera daftar di sini. Hal ini memungkinkan agar keamanan informasi Anda di tempat kerja tetap terlindungi. Ada dua cara untuk mendaftar:

1. Menggunakan kunci keamanan bawaan ponsel Anda (cara yang disarankan)

Andoid: Dengan ponsel Android 7.0 atau yang lebih baru, Anda dapat mendaftar dalam beberapa ketuk saja dengan mendaftarkan kunci keamanan bawaan ponsel Anda.

iOS: Jika Anda memiliki iPhone yang menjalankan iOS 10.0 atau yang lebih baru, instal Google Smart Lock untuk mendaftarkan kunci keamanan Anda terlebih dahulu, lalu daftar.

2. Menggunakan kunci fisik

Untuk menggunakan kunci fisik, Anda bisa membeli Kunci Keamanan Titan atau kunci keamanan yang sesuai dengan FIDO untuk mendaftar. Sebaiknya Anda memiliki dua – satu sebagai kunci utama, dan satu lagi sebagai cadangan.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.