JAKARTA, celebrities.id – Profil dan Perjalanan Karier R Kelly menarik untuk diketahui. Kelly merupakan penyanyi terkenal dengan lagu berjudul I Believe I Can Fly.

Dikutip dari BBC News, Majelis Hakim Distrik AS menjatuhkan hukuman 30 tahun penjara kepada R Kelly kasus perdagangan hingga pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

Berikut profil dan perjalanan karier R Kelly yang telah dirangkum oleh celebrities.id dari berbagai sumber, Jumat (1/7/2022).

R Kelly merupakan artis multitalent yang terlahir dengan nama Robert Sylvester Kelly pada 5 Januari 1967 di Chicago. Dia mengawali kariernya pada 1992 dengan membentuk band MGM dan bergabung Public Announcement di dunia music.

R Kelly dibesarkaan oleh ibu kandungnya di perumahan Chicago. Dia mulai bernyanyi di paduan suara gereja sebagai seorang anak kecil dan kemudian dapat menghadiri Kenwood Academy.

Dikenal sebagai King R&B, dirinya berhasil memenangkan tiga Grammy Awards melalui lagu I Believe I Can Fly.

Perjalanan Karier R Kelly

R Kelly mengawali karier di dunia musik dengan menjadi pemain keyboard yang tampil di pinggir jalan atau terminal bis hingga dia bergabung Public Announcement 1992. 

Dengan waktu yang singkat, R Kelly hengkang dari grup tersebut untuk memulai solo kariernya pada 1993 merilis album solo pertamanya berjudul 12 PLAY.

Album 12 PLAY berhasil melambungkan nama R Kelly dengan menjadi hits nomor satu di Bump N’Grind. Suksesnya album tersebut membuat R Kelly menjajal lahan baru sebagai produser.

Artis-artis besar seperti Janet Jackson dan Michael Jackson pernah mempercayakan album mereka pada produser baru ini. 

Dengan mempertahankan sebagian besar suaranya R Kelly tetap hidup namun sukses secara komersial. Menciptakan berbagai campuran lagu dari yang halus, profesiona, jenis beat, hip-hop, soulman crooning dan funk.

R Kelly sukses dengan crossover yang meluas hingga dapat mengembangkan bakat untuk balladry pop. Bakat ini memperkuat status sebagai salah satu pria populer tahun 90an dan 2000an.

Album terlaris R Kelly adalah double album yang berjudul sederhana yaitu R. Pada album ini, dia berduet dengan Celine Dion dalam lagu I’m Your Angel.

Memiliki lebih banyak lagu mencapai 40 besar tangga lagu Billboard singles, daripada artis solo pria lainnya di tahun 1990an.

R Kelly mendapatkan kepercayaan menggarap soundtrack beberapa film yaitu Batman Forever, SHAFT dan ALI.

Editor : Tia Ayunita


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.