Program Beasiswa Online Schollarship Competition (OSC) Medcom.id akan kembali digelar tahun ini dengan total beasiswa  jenjang S1 senilai Rp45 miliar untuk 539 penerima. Penyelenggara pun telah membuka pendaftaran OSC mulai hari ini 8 Agustus. Pendaftaran akan ditutup pada 2 November 2022.

Pada edisi 2022 ini, OSC bekerja sama dengan 27 mitra perguruan tinggi dari berbagai penjuru Tanah Air. Perguruan tinggi tersebut tersebar di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Purwokerto, Semarang, Salatiga, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Lampung, Padang, Medan dan Makassar.

Acara seremonial kickoff OSC 2022 digelar di Universitas Tarumanegara (Untar), Jakarta, Senin (8/8). Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Makarim yang hadir dalam sambungan video mengapresiasi penyelenggaraan OSC. Menurutnya, program OSC akan membantu pemerintah dalam program pemerataan pemberian beasiswa bagi pelajar di Indonesia.

Melalui program beasiswa OSC yang dilakukan setiap tahun sejak 2015 ini, Medcom.id mencoba memberikan sumbangsih dalam pemerataan pendidikan, dengan memfasilitasi generasi berprestasi dengan capaian nilai yang tinggi untuk mendapatkan beasiswa masuk dan belajar selama di perguruan tinggi.

Menurut Head Corporate Communication Medcom.id, Herfindo Gading prestasi penerima beasiswa OSC pada tahun 2021 cukup memuaskan. Mereka memiliki IPK rata – rata di atas 3.5.

Tahun ini Untar untuk pertama kalinya bergabung dan menjadi salah satu perguruan tinggi mitra pendatang baru di OSC 2022. Selain Untar, bergabung juga tiga PTS lainnya, yakni Universitas Bunda Mulia, Universitas Al Azhar Indonesia (bergabung Kembali), dan Universitas Islam Indonesia (UII).

Findo mengatakan, ada kejutan istimewa lainnya dalam gelaran beasiswa OSC Medcom.id tahun ini. Yakni untuk pertama kalinya juga PTN bergabung dalam beasiswa OSC, yakni Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatra Barat.

“Ini menandakan langkah awal OSC dalam merangkul seluruh perguruan tinggi, tidak hanya kampus swasta terbaik namun juga kampus-kampus negeri bereputasi,” ujar Findo.

Ke depan OSC juga akan membuka kesempatan bagi kampus-kampus luar negeri untuk bergabung. Ini dibuktikan dengan penjajakan awal yang telah dilakukan dengan sejumlah kampus di Korea dan Malaysia.

“Dengan ini, Surya Edukasi Bangsa Foundation (SEBAF) dan Media Group mengajak pimpinan universitas negeri maupun swasta di indonesia untuk bergabung bersama kami dalam menyediakan lebih banyak kesempatan berkuliah bagi putra putri Indonesia,” seru Findo.

Bantuan Living Cost


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.