detikfakta.com – Komunitas PUBG Mobile Indonesia telah sukses merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 dengan mengadakan berbagai kegiatan, seperti fun match yang turut dimeriahkan oleh para konten kreator, nobar turnamen internasional, dan pemberian donasi kepada para veteran Indonesia.

Berbagai kegiatan tersebut ditutup dengan pemberian donasi sebesar Rp 30 juta pada hari Kamis, 8 September 2022.

Rangkaian kegiatan yang bertajuk #77MerdekaDinner tersebut selain untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, juga untuk memberikan apresiasi kepada para veteran Indonesia melalui program donasi yang diprakarsai oleh komunita PUBG Mobile Indonesia melalui platform Saweria.

Total bantuan donasi yang diserahkan saat itu mencapai Rp30 juta. Penggalangan donasi ini merupakan kontribusi para komunitas dan konten kreator PUBG Mobile yang ikut serta dalam menyukseskan program tersebut.

Country Manager of Tencent Games Indonesia, Elvarica Noviyanti mengatakan bahwa sebagai bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, PUBG Mobile menjadikan momen penting ini sebagai bentuk empati dan kepedulian; serta apresiasi kepada para veteran Indonesia atas jasa-jasa mereka selama ini. Elva juga berterimakasih kepada para konten kreator PUBG Mobile yang telah melakukan live streaming untuk menghibur komunitas sehingga banyak dari mereka yang ikut berdonasi.

“Ini merupakan bentuk kepedulian komunitas PUBG MOBILE Indonesia terhadap para pahlawan yang telah membawa kemerdekaan bagi kita semua. Kegiatan ini juga sudah jadi tradisi tahunan bagi komunitas PUBG Mobile Indonesia. Selain itu, apresiasi juga kami berikan kepada para konten kreator PUBG Mobile yang telah turut serta memeriahkan event PUBG MOBILE #77MerdekaDinner dengan melakukan live streaming yang menghibur komunitas,” kata Elva.

Pada puncak acara ini, selain penyerahan bantuan donasi, Kriswiyanto Muliawan, selaku Kepala Yayasan Sahabat Veteran Indonesia juga ikut menyampaikan kesan pesan kepada para generasi muda penerus bangsa mengenai semangat perjuangan.

“Yang saya senang ini (Komunitas PUBG Mobile Indonesia) kan berisi anak muda. Oleh sebab itu saya tidak pernah percaya pada perkataan orang tentang anak muda tidak memiliki kepedulian terhadap para veteran. Terbukti dengan diadakannya kegiatan galang dana ini, itu membuktikan rasa nasionalisme mereka. Bahkan dapat dikatakan yang datang ke Sahabat Veteran, 70 persen-80% adalah anak muda, termasuk Komunitas PUBG MOBILE Indonesia,” ucap Kriswiyanto.

Kriswiyanto juga mengatakan bahwa selama pandemi ini, Yayasan SaVe juga sempat kesulitan untuk melakukan berbagai kegiatan yang biasanya mereka lakukan. Meskipun begitu, Kriswiyanto mengaku penyerahan donasi secara offline yang dilakukan oleh Komunitas PUBG Mobile Indonesia ini adalah yang pertama di masa pandemi.

“Untuk penyerahan donasinya terus terang setelah dua tahun, ini adalah yang pertama offline karena biasanya penyerahan donasi kami terima secara online. Meskipun kondisi sudah mulai membaik, tetapi kita tetap harus berhati-hati,” kata Kriswiyanto.