detikfakta.comJakarta, CNBC Indonesia – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan pentingnya investasi terhadap pemulihan ekonomi saat ini. Dia menggambarkan potret investasi di Indonesia saat ini, dengan realisasi Rp 584,6 triliun pada semester I-2022.

Jumlah ini mencapai 48,7% dari target yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebesar Rp 1.200 triliun. Bahlil menjelaskan bahwa Presiden juga memberikan arahan untuk membangun Indonesia sentris yaitu dari Aceh hingga Papua, bukan hanya Jawa sentris.

“Tujuan investasi itu penciptaan lapangan kerja dan yang menjaga kedaulatan negara ini di era ekonomi global adalah pengusaha. Arah kebijakan Indonesia ke depan, untuk menjadikan anak-anak muda menjadi pengusaha. Makanya adik-adik semua, selesai kuliah jadilah pengusaha,” ujar Bahlil dalam orasi ilmiahnya di STIE Port Numbay Jayapura, Sabtu (10/9/2022).

Mewakili Gubernur Papua, Asisten III Bidang Umum dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Papua Derek Hegemur menyambut baik kehadiran dan perhatian yang diberikan.

“Terima kasih atas seluruh perhatian dan dukungannya, bukan hanya di dunia pendidikan, tetapi juga kepada seluruh pemerintah daerah di provinsi, kabupaten, dan kota di Papua. Terutama berkenaan dengan investasi dan pembangunan UMKM,” ucap Derek.

Sementara itu, Ketua STIE Port Numbay Jayapura John Agustinus juga menyambut dan mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Menteri Investasi kepada STIE Port Numbay.

“Terima kasih sudah hadir ke almamater tercinta. Dia adalah putra sulung kami, alumni angkatan kedua Akademi Keuangan dan Perbankan dan alumni pertama STIE Port Numbay Jayapura. Jadi anak sulung kami. Ibarat orang tua yang pertama adalah orang tua di rumah dan orang tua kedua adalah kampusnya,” ujar John yang juga pernah mengajar Bahlil saat di bangku kuliah.

Selpina, mahasiswi S1 jurusan manajemen STIE Port Numbay, juga menilai penting untuk mendorong anak muda menjadi pengusaha. Selain menjalankan kuliah, Selpina juga belajar menjadi pengusaha dengan membuat kerajinan tangan noken.

Selpina juga merupakan salah satu peserta yang hadir dalam kegiatan pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) perseorangan yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/BKPM dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo di Gelanggang Olah Raga (GOR) Toware, Jayapura minggu lalu (30/8/2022).

Dalam kesempatan ini, Bahlil selaku Menteri Investasi/Kepala BKPM juga menyaksikan langsung penandatanganan nota kesepahaman antara STIE Port Numbay dengan Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Papua, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) KADIN Papua, dan Bank BNI.

Sebelumnya, Kementerian Investasi/BKPM juga telah melakukan kerja sama dengan STIE Port Numbay melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat terkait Penanaman Modal.