detikfakta.com – Seperti yang diketahui, Kemenaker berencana akan menyalurkan BLT BBM berupa BSU atau subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu kepada para pekerja/buruh peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah memenuhi syarat.

Kemudian, bagi para pekerja penerima BLT BBM BSU/ subsidi gaji Rp 600 ribu yang tidak memiliki rekening Bank Himbara, akan menerima manfaat bantuan setelah penyaluran tahap pertama selesai. Jadi bagi Anda yang menggunakan rekening di luar Bank Himbara diharap bersabar. Karena proses pencairan tahap pertama akan berfokus kepada pengguna Bank Himbara.

Untuk memastikan Anda sebagai penerima BLT BBM berupa BSU atau subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu maka dianjurkan untuk segera melakukan beberapa tahapan di bawah ini:

• Lakukan cek kepesertaan lewat Jamsos Mobile atau aplikasi yang dibuat oleh BPJS Ketenagakerjaa.

• Pastikan status kepesertaannya (aktif atau tidak aktif), waktu terakhir pembayaran iuran yakni maksimal di bulan Juli 2022, besaran upah/gaji yang telah didaftarkan, nomor rekening yang masih aktif digunakan.

• Pekerja dianjurkan untuk menanyakan atau mengecek ke bagian Personalia atau Divisi Sumber Daya Manusia (HRD/HC/manajemen di masing-masing perusahaan). Apakah kepesertaan pekerja telah didaftarkan.

Berikut ini langkah-langkah atau cara cek pencairan BSU Rp 600 Ribu:

1. Buka website kemnaker.go.id

2. Daftar Akun. Apabila Anda belum memiliki akun, maka harus melakukan pendaftaran dan melengkapi pendaftaran akun terlebih dahulu. Kemudian lakukan aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan melalui nomor handphone. 3. Masuk atau login kedalam akun masing-masing calon peserta.

4. Lengkapi profil biodata diri yang terdiri dari foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan jug tipe lokasi.

5. Langkah terakhir, cek notifikasi.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, BLT BBM berupa BSU / subsidi gaji Rp 600 ribu ini hanya akan diberikan kepada pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah memenuhi syarat atau kriteria. Berikut ini beberapa syarat penerima BSU / subsidi gaji Rp 600 ribu di antaranya yaitu:

• Warga Negara Indonesia (WNI)

• Merupakan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per Juli 2022

• Mendapatkan gaji/upah paling tinggi Rp 3,5 juta (Pekerja/Buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari angka Rp3,5 juta, maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota atau Provinsi yang dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh)

• Dikecualikan untuk PNS, Polri, serta TNI.

• Tak hanya itu, pengecualian lainnya juga diterapkan bagi pekerja/buruh yang telah menerima bantuan lain selama pandemi Covid19 seperti Kartu Prakerja, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BLUM), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Demikian tadi informasi mengenai cara cek pencarian BSU Rp 600 rubu yang akan cair Senin, 12 September 2022 mendatang. Segera cek status kepesertaan Anda!