detikfakta.com – Sholat sunnah yang dikenal dengan nama lain sebagai sholat istighfar ini juga membawa hikmah yang sangat istimewa bagi orang yang rutin melaksanakannya. Beberapa keistimewaannya antara lain yaitu Dmdiampuni dari dosa-dosanya, diangkat derajatnya oleh Allah SWT, serta akan juga dipermudah segala urusannya.

Lantas bagaimana cara sholat taubat serta niat, doa dan waktu terbaik untuk mengerjakannya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Niat Sholat Taubat

Untuk mengerjakannya, maka awali lah dengan membaca niat sholat taubat. Niat yang harus dibacakan ketika Anda ingin melaksanakan sholat taubat yaitu:

Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala”

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

Cara Sholat Taubat

Cara sholat sunah taubat pada dasarnya sama seperti sholat sunah lainnya. Shat ini dapat dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Berikut ini tata cara sholat taubat:

• Membaca niat (Niat boleh diucapkan di dalam hati atau melalui lisan)

• Takbiratul ihram

• membaca doa Iftitah

• membaca surat Al Fatihah

• Membaca salah satu surat pendek Alquran

• Rukuk

• I’tidal

• Sujud

• Duduk di antara dua sujud

• Sujud kedua

• Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua

• Tasyahud akhir dan diakhiri dengan salam

Doa Sholat Taubat

Setelah selesai mengeejakan sholat taubat, maka dianjurkan untuk memperbanyak membaca istighfar untuk memohon ampunan dari Allah SWT. Bacaan istighfar dapat dilucapkan sebanyak 100 kali sambil meresapi artinya di dalam hati. Berikut ini bacaan istighfar yang dianjurkan:

Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi”

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Setelah membaca istighfar, maka Anda dapat melanjutkan dengan membaca doa dengan setelah sholat taubat seperti yang diajarkan oleh Rasullah SAW. Berikut ini bacaan doa tersebut:

Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk melaksanakan sholat taubat. Meskipun begitu, sholat yang dikerjakan minimal 2 rakaat ini, beberapa ulama menganjurkan untuk mengerjakan sholat taubat saat memasuki bulan Ramadan dan di malam hari setelah tidur dan sepertiga malam atau sebelum memasuki waktu sholat subuh.

Sholat tersebut diutamakan untuk dilakukan secara sendiri atau tidak berjamaah. Hal tersebut karena sholat taubat adalah sholat nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara bersama-sama atau berjamaah.

Demikian tadi ulasan mengenai cara sholat taubat lengkap dengan bacaan niat, tata cara dan waktu terbaik untuk mengerjakannya. Semoga bermanfaat!