detikfakta.com – Belum banyak yang tahu ternyata politisi sering menyiapkan tamplate jawaban untuk berbagai pertanyaan media.

Hal tersebut diungkapkan Najwa Shihab saat berbincang-bincang dengan Mamat Alkatiri di kanal Youtube HAS Creative yang diunggah pada Jumat, 9 September 2022.

Seperti yang kita ketahui Najwa Shihab sering melakukan wawancara dengan pejabat, politisi , artis sampai sosok inspirasi.

Hal tersebut membuat Mamat Alkatiri penasaran dan menanyakan perihal bagaimana cara Najwa Shihab menghadapi politisi yang jika ditanya jawabannya tidak sesuai dengan yang diminta.

“Sebagai orang yang baru berkecimpung ya di dunia tanya jawab, ada hal-hal yang ngeselin kan ya, misalnya kaya ada pejabat yang ketika kita tanya terus kemudian jawabannya eentah kemana gitu,” tanya Mamat Alkatiri.

“Ada juga yang mengarahkan ke sesuatu yang kita gabisa bantah lagi misalnya mengarahkan ke agama, nah kaka gimana sih belajar menghandle hal-hal seperti itu?” ujarnya menambahkan.

Menjawab pertanyaan dari komika tersebut, Najwa Shihab pun blak-blakan mengungkap rahasia profesinya sebagai wartawan.

“Aku rumusannya satu, jadi satu menit pertama biarkan mereka bicara, semenit berikutnya dan seterusnya itu tuh ya kita harus stick to apa yang kita ingin tahu, karena emang politisi tuh makin ke sini makin canggih cara ngelesnya, mereka tuh udah belajar macem-macem,” jawab Najwa Shihab .

Lebih lanjut, Najwa Shihab pun menceritakan bahwa ia sering mendapati politisi yang memintanya untuk mengajari bagaimana cara menjawab pertanyaan media yang susah dijawab.

“Aku tuh paling sering ya diminta ngajarin politisi gimana cara jawab pertanyaan, dan aku selalu gamau,” tutur Najwa Shihab

Kemudian, Najwa Shihab pun mengungkapkan bahwa banyak sekali penyedia kelas-kelas untuk mempersiapkan politisi dan pejabat dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan media.

Bahkan bukan hanya isi argumen di media saja, tapi juga bagaimana cara mereka menghindar dari pertanyaan media.

Najwa Shihab yang sering menerima tawaran mengajari politisi dalam hal tersebut pun mengaku selalu menolak.

“Tapi aku selalu nolak, aku mau diminta ngajarin wartawan gimana nanya, tapi aku gamau karena kau merasa berkhianat terhadap profesi kalo aku ngajarin gimana caranya mereka ngeles , karena aku udah tau tuh cara-cara ngeles politisi ,” kata Najwa

Kemudian, Mamat Alkatiri pun menanyakan perihal bagaimana mengetahui hal tersebut

“Bagaimana kak, contoh deh,” tanya Mamat Alkatiri.

“Ada yang memang yaudah pokoknya dia punya jawaban sendiri, pertanyaan apapun jawabnya itu, ada yang men-acknowledge pertanyaan tapi terus abis itu tetep gak jawab,” ujar Najwa

Kemudian Najwa Shihab pun merinci template jawaban-jawaban yang biasa diberikan para politisi untuk menghindari menjawab pertanyaan yang diajukan.

“Cuma bilang itu pertanyaan yang menarik tapi sebelum sampai kesitu mari kita lihat seperti apa sesungguhnya Negara ini sudah berjalan apakah sudah di rel-rel sebelumnya, seperti itu,” kata Najwa.

“Iya itu menarik, itu poin penting tapi sebelum kesana mari kita melihat dulu akar persoalan, jadi ada yang kaya gitu,” tuturnya menambahkan.

Tak hanya itu saja, Najwa juga mengungkap cara-cara politisi menghindari pertanyaan media.

“Ada yang nyerang pertanyaan, pertanyaan macam apa itu, pertanyaan itu tidak sesuai, saya datang kesini bukan untuk menjawab hal-hal itu,” ucap Najwa.

“Ada yang kemudian, Apa kontribusi kamu pada Negara, saya sudah berjuang pada Negara puluhan tahun, saya berkorban jiwa dan raga, saya serahkan sepenuhnya, Ada yang kaya gitu,” katanya.

Namun Najwa mengaku tidak pernah ragu untuk mendesak para politisi agar menjawab pertanyaan yang dilontarkannya.

“Ada yang kemudian menggunakan legitimisi politik yang dia punya, saya dipilih rakyat, saya menang pemilu, saya punya konstituan, kamu mewakili siapa, apa legitimasi kamu berdiri disitu,” kata Najwa Sihab menjelaskan.

Menurutnya, banyak macam-macam cara politisi menghindari pertanyaan, dan ia pun mengaku tidak ragu untuk mengulang 2 sampai 3 kali pertanyaan sampai dirinya mendapatkan jawaban.***