detikfakta.com – Pada 12 September 2022, Transjakarta kembali melayani pelanggan selama 24 jam setiap hari pada 13 koridor yang ada.

Layanan tersebut dinamakan Amari (Angkutan malam hari). Adapun 13 koridor itu adalah koridor 1 sampai 13.

Layanan ini diharapkan dapat memperlancar aktivitas warga terutama di malam hari. Angkutan ini beroperasi setiap hari pukul 22.00-05.00 WIB.

Pelayanan halte dan bus disesuaikan dengan penambahan waktu layanan tersebut. PT Transjakarta berpesan untuk selalu waspada dan berhati-hati jika bepergian di malam hari.

Informasi tersebut diunggah akun Twitter @PT_Transjakarta. Masyarakat menyambut baik adanya hal ini dan mengungkapkan di kolom komentar.

Aku benar-benar jatuh cinta sama transportasi publik di Jakarta. Please ini diadopsi dong sama semua kota,” ujar @keb***.

Terima kasih, busway 24 jam sangat mempermudah banget buat teman-teman yang bekerja di mall,” kata @vay***.

Boleh aja. Tapi petugas keamanan ditambahin stand by satu di ujung mau masuk tangga halte ,” komentar @ura***.

“ Amari sudah dua tahun vakum akhirnya aktif lagi. Sejak Covid-19 pada April 2020 melanda, baru sekarang melayani kembali 24 jam,” ujar @wah***.

“Yeay kabar gembira akhirnya,” kata @ino***.

TransJakarta mulai beroperasi pada 15 Januari 2004. TransJakarta adalah Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan.

Ide pengembangan BRT di Jakarta sudah muncul pada 2001. Sutiyoso, gubernur DKI Jakarta saat itu yang merealisasikan hal tersebut.

Termasuk moda transportasi umum yang mendukung aktivitas ibu kota yang padat, tujuan didirikan TransJakarta yaitu memberikan jasa transportasi yang lebih cepat, nyaman, dan terjangkau.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta merupakan lembaga yang menetapkan tarif TransJakarta . Transportasi ini memakai bahan bakar BBG, diesel, dan listrik.

Saat awal didirikan, TransJakarta beroperasi pada pukul 05.00-22.00 WIB. Namun, kini mulai beroperasi kembali selama 24 jam.

Bus TransJakarta beroperasi 24 jam sejak lama. Karena pandemi Covid-19 maka dilakukan penyesuaian jam operasional karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta.

Ketika PPKM level 2 diberlakukan di Jakarta, TransJakarta beroperasi pada pukul 05.00-22.00 WIB. Sedangkan angkutan malam hari ( Amari ) beroperasi pada pukul 22.01-24.00 WIB.***