detikfakta.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba-tiba menggelar rapat terbatas menjelang akhir pekan. Rapat yang berlangsung di Istana Kepresidenan Jakarta itu berlangsung tertutup, Jumat (9/9/2022).

Berdasarkan dokumentasi foto yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden, hadir dalam rapat tersebut Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menkopolhukam Mahfud MD, hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut hadir dalam rapat usai pertemuan tertutup itu mengatakan, rapat membahas mengenai persiapan Indonesia menuju Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada bulan November mendatang.

“Oh sudah, kita sudah siap dari segi logistik maupun substansi. Saya kira persiapan kita on the right track,” kata Retno.

Retno menambahkan para menteri telah melaporkan seluruh persiapan KTT G20 kepada Jokowi. Menurutnya, dari Agustus hingga nanti November akan ada sejumlah pertemuan tingkat menteri yang digelar sebelum puncak KTT G20.

“Dari Agustus sampai September ada enam pertemuan tingkat menteri, terus nanti Oktober-November masih ada delapan pertemuan tingkat menteri sampai menuju ke KTT G20. Tapi persiapannya alhamdulillah semuanya on the right track,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan bahwa nantinya perkembangan di tingkat menteri akan dilaporkan untuk disampaikan di tingkat kepala negara pada KTT G20.

“Kita semuanya melaporkan perkembangan yang selama ini terjadi di tingkat menteri-menteri yang nanti akan disampaikan untuk tingkat kepala negara,” ujar Sri Mulyani.