detikfakta.com – Presiden Komisaris PT XL Axiata Tbk. Chatib Basri terpilih menjadi Co-chair dari Financial Intermediary Fund untuk Pandemic Prevention, Preparedness and Response (FIF PPR). Ia menyebut penunjukan itu senagai sebuah kehormatan besar baginya dan juga Indonesia.

FIF dibentuk sebagai tindak lanjut kesepakatan G-20 Juni lalu. PPR-FIF bertujuan untuk membantu negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah dalam memperkuat upaya membangun PPR pandemi yang juga akan melengkapi upaya berbagai lembaga pembiayaan yang ada, dengan fleksibilitas untuk bekerja melalui berbagai lembaga pelaksana

“Pendirian FIF akan dilihat sebagai sinyal yang jelas oleh masyarakat internasional sebagai aksi nyata G20 untuk secara kolektif dan kolaboratif mengambil pelajaran dari pengalaman bersama dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tulis Chatib Basri dalam media sosialnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan pertemuan ini merupakan tonggak penting dalam menghasilkan tindakan nyata dari G20.

“Terima kasih atas kerja keras dari Satuan Tugas Kementerian Keuangan dan Kesehatan, khususnya juga untuk kolaborasi Bank Dunia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang telah mengembangkan dan merancang PPR FIF, dengan komitmen bersama yang kuat untuk mewujudkan inklusivitas dengan tata kelola dan pengaturan operasi yang simpel dan fleksibel serta memiliki keterikatan yang kuat dengan G20”, kata Sri Mulyani.

Sampai saat ini, sudah ada sebanyak lebih dari 1,3 Miliar US dollar, berupa janji kontribusi dari negara donor yang berdaulat termasuk filantropi.