detikfakta.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK ) Muhadjir Effendy meminta para pemudik tidak terburu-buru untuk kembali ke Jakarta . Menurutnya, masyarakat Jakarta bisa memperpanjang masa mudik di kampung halaman.

“Para pemudik bisa lebih memperpanjang masa mudiknya, jadi kalau tidak ada kepentingan yang harus segera dilakukan di Jakarta , mungkin bisa lebih lama dulu di kampung halaman, sambil rekreasi dan belanja oleh-oleh untuk dibawa ke Jakarta ,” ujarnya Jumat 21 April 2023.

Ia juga mengibau kepadda para mengibau kepada pemudik untuk kebali ke tempat kerjanya sekitar tanggal 26 hingga 29 April untuk menghindari kepadatan saat masa puncak. Adapun bertujuan agar arus lalu lintas tidak stagnan dan arus balik merata.

Muhadjir Effendy akan memberikan potongan harga bagi pemudik yang kembali ke Jakarta pada tanggal 26-27 April 2023.

“Untuk ruas tol Cikampek- Jakarta sudah disepakati dengan Jasa Marga, akan kami berikan potongan sebesar 20 persen kepada pemudik yang kembali ke Jakarta pada tanggal 26-27 April, sedangkan untuk ruas tol Kalikangkung masih dalam tahap negosiasi dengan jasa pengelola jalan tol,” kata Muhadjir di Jakarta , Jumat 21 April 2023.

Ia mengaku sudah melakukan rapat koordinasi di Kantor Jasa Raharja yang dihadiri oleh Kapolri, Menhub, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, pengelola jalan tol, dan Kakorlantas pada Kamis 20 April 2023, untuk membahas secara menyeluruh tentang antisipasi arus balik.

“Salah satu poin penting yang dibahas adalah kemungkinan terjadi penumpukan (kemacetan) di Hari Selasa (25/4). Arus balik itu diperkirakan angkanya mencapai 203.000 kendaraan, padahal kemampuan jalan tol hanya bisa mengakomodasi 175.000 kendaraan saja, sehingga masih ada sekitar 40.000 kendaraan yang harus ditahan,” ujar Muhadjir.

Muhadjir Effendy mengimbau pemudik Lebaran 2023 agar tidak salat di rest area. Para pemudik dianjurkan untuk beribadah di kendaraan yang mereka tumpangi saja.

Menurutnya, hal itu untuk menghindari penumpukan kendaraan di tempat parkir. Penumpukan kendaraan itu disebut mengakibatkan kemacetan hingga pintu masuk rest area.

“Untuk salat bisa di kendaraan, tayamum bisa di kaca mobil atau tempat lainnya yang memungkinkan,” kata Muhadjir Effendy saat meninjau Posko Command Center Korlantas Polri KM 29, Rest Area KM 57A, dan Kantor Jasa Marga KM 70, Kamis, 20 April 2023.

Dia pun menyarankan agar rest area dapat digunakan seperlunya, seperti membeli makanan dengan take away serta buang air di toilet.

“Jangan berlama-lama, misalnya sampai tiduran atau nongkrong berlama-lama. Itu akan menggangu karena yang membutuhkan rest area sangat banyak,” tutur Muhadjir Effendy .***