Mode picture-in-picture memungkinkan pengguna memutar video di floating window (jendela mengambang) atau ketika sedang membuka aplikasi lain.

Google mengumumkan mode picture-in-picture YouTube kini hadir untuk perangkat iOS dan iPadOS. Mode ini memungkinkan pengguna memutar video di floating window (jendela mengambang) atau ketika sedang membuka aplikasi lain dan akan mulai diluncurkan untuk perangkat berbasis iOS 15.

Mode picture-in-picture sudah lama tersedia di platform video tersebut, namun hanya untuk pelanggan YouTube Premium. Selain itu mode ini juga dapat diakses pengguna non-Premium yang berada di Amerika Serika (AS).

Dalam pengumuman resmi melalui cuitan Twitter, Team YouTube mengatakan mode picture-in-picture di iOS dan iPadOS hanya dapat digunakan untuk “konten non-musik.” Sementara untuk pengguna Android, tidak ada yang berubah karena mode ini sudah lama tersedia.

Bicara soal rekam jejam mode picture-in-picture di YouTube, perlu waktu yang panjang hingga mode ini akhirnya dapat digunakan oleh seluruh pengguna. Google pertama kali mengumumkan rencananya untuk menghadirkan mode ini pada Juni 2021.

Kemudian pada Agustus, mode picture-in-picture hadir sebagai fitur uji coba untuk pelanggan Premium. Namun, YouTube mengakhiri uji coba itu pada April 2022 dan mengatakan perusahaan memiliki banyak “detail” terkait fitur untuk dibagikan segera.

YouTube membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meluncurkan mode picture-in-picture di semua platform. YouTube juga mengakui hal itu dalam cuitan dan postingan blog dengan mengatakan, “Peluncuran yang lambat untuk fitur yang sangat diinginkan.”

Untuk melihat apakah perangkat Anda sudah memiliki akses ke mode tersebut, buka aplikasi YouTube, coba putar video, lalu keluar dari YouTube untuk membuka layar beranda atau aplikasi lain. Jika mode picture-in-picture sudah aktif, video akan secara otomatis muncul sebagai floating window.

Anda juga dapat memeriksa fitur tersebut dengan mengetuk gambar profil YouTube di kanan atas aplikasi, buka Pengaturan > Umum, dan periksa sakelar berlabel “Picture-in-picture.”


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.