Microsoft tengah bersiap melakukan banyak pembaruan pada sistem operasi perangkat miliknya. Lewat pembaruan ini, Windows 12 diprediksi akan meluncur di awal tahun 2024.

Microsoft dikabarkan tengah menyiapkan berbagai pembaruan untuk sistem operasi perangkat miliknya, baik untuk PC maupun laptop. Beberapa spekulasi menyebut, ini akan menjadi pendahulu untuk sistem operasi berikutnya yaitu Windows 12. 

Sebelumnya, raksasa teknologi ini sempat beralih dari siklus tiga tahun dengan merilis Windows 10 pada 2015 dengan memprioritaskan gagasan Microsoft Windows sebagai layanan. Alih-alih merilis Windows baru, Windows 10 diperbarui dua kali setahun dengan fitur baru yang besar. Kebijakan inilah yang membuat Windows 11 baru dirilis setelah enam tahun dari sistem operasi sebelumnya. 

Melansir The Verge (17/7), Microsoft dilaporkan sedang melakukan perombakan besar pada rencana perusahaan mereka. Kali ini, pihaknya akan kembali mengubah cara pengembangan sistem operasi Windows pada perangkat PC dan laptop yang ada. 

Windows Central melaporkan, Microsoft beralih kembali ke siklus rilis tiga tahun untuk sistem operasi Windows. Artinya, versi utama dari generasi Windows berikutnya yaitu Windows 12 akan dirilis pada tahun 2024.

Jika melihat pola Microsoft, memang setiap tiga tahun sekali perusahaan akan mempersiapkan pembaruan pada sistem operasinya. Sehingga tidak perlu heran ketika spekulasi Windows 12 kembali muncul ke permukaan. 

Pembaruan ini disebut-sebut bakal lebih baik dar Windows 11 yang telah beredar di pengguna sekarang. Mengingat perpindahan branding pada Windows 11, maka spekulasi ini menjadi masuk akal. Pasalnya, ini bisa menjadi perubahan branding untuk sistem operasi Windows 12. 

Sejauh ini, Microsoft diketahui akan meluncurkan pembaruan besar untuk sistem operasi Windows 11. Pembaruan yang disebut dengan Windows 11 22H2 ini diharapkan bakal hadir pada September hingga Oktober mendatang. 

Lebih lanjut, Microsoft dilaporkan telah membatalkan rencana untuk pembaruan tahunan yang serupa yaitu 23H2 pada tahun depan. Perusahaan bakal memprioritaskan peluncuran fitur-fitur baru sepanjang tahun 2023 mendatang. 

Sayangnya, informasi mengenai Windows 12 yang akan hadir pada 2024 masih dalam tataran spekulasi. Pihak Microsoft belum memberikan komentar resmi terkait rencana roadmap sistem operasi Windows terbaru dari mereka.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.