detikfakta.com – Microsoft berencana untuk menghadirkan WinAppSDK untuk menjadi komponen baru di Explorer, namun agaknya perusahaan masih mendapatkan sejumlah masalah seperti Buggy yang sampai saat ini masih hadir di WinAppSDK, Minggu (05/03).

Microsoft sendiri memiliki rencana pasti yang mana akan menggantikan komponen di Explorer menjadi WinAppSDK yang akan menggantikan sebagian besar komponennya, bagi Anda yang mungkin masih asing dengan apa itu WinAppSDK maka kita lebih mengenalnya dengan sebutan WinUI.

Untuk lebih mudah dipahami, Microsoft akan mengubah komponen dari WinUI 2 ke versi WinUI 3 yang akan berjalan di Explorer.exe dengan berbagai macam tampilan yang tentu saja membawa perubahan antarmuka yang jauh lebih menarik.

Tentunya dengan hadirnya versi WinAppSDK ini maka perusahaan akan memberikan lebih banyak fitur tambahan yang akan dirilis, salah satunya fitur yang disebut dengan Gallery yang akan hadir di Explorer atau File Explorer.

Microsoft sendiri saat ini masih terhambat dengan fitur ini, yang mana masih melakukan uji coba di versi Preview dan masih dalam tahap pengujian pertama. Tentunya pengguna Windows 11 Preview mendapatkan sedikit performa yang lebih lambat, di mana Explorer berjalan dengan performa yang menurun.

Bahkan jika Anda perhatikan, animasi yang muncul di Windows 11 WinUI 3 sendiri terlihat kurang begitu responsif karena menampilkan animasi yang lebih lambat, sedangkan ini terlihat lebih cepat ketika mengaksesnya menggunakan WinUI 2.

Media error: Format(s) not supported or source(s) not found

Beberapa cuplikan singkat video di atas telah menunjukkan performa dari File Explorer yang melambat, di mana Context Menu yang tampil tidak langsung tampil ketika kursor diarahkan ke ikon tersebut. Sedangkan di WinUI 2 tampilan ini dengan cepat muncul beserta dengan animasi yang ada.

Hal ini wajar saja, karena perusahaan belum merilis WinAppSDK ini secara resmi dan masih melalui tahapan pengembangan. Bagi mereka yang menggunakan Windows 11 Preview maka setidaknya harus sedikit bersabar dalam masa uji coba ini, kemungkinan besar Microsoft masih akan terus mengembangkan untuk menghadirkan performa yang lebih matang ke depannya.

Bagaimana menurut Anda? Anda pengguna Windows 11 Preview Release? Ceritakan pengalaman Anda selama menggunakan versi ini di kolom komentar

EDITOR: HUDALIL MUSTAKIM

    Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

    Download Software Windows

    Download Aplikasi Android

    Download Driver Printer

    Download Sistem Operasi

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.