detikfakta.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pameran seni di ruang terbuka bisa jadi sebuah signature, atau terobosan yang tepat guna menarik kunjungan wisata dari berbagai kalangan penikmat seni.

“Pameran di taman ini sebagai sebuah signature sehingga tidak hanya memberikan ruang bagi komunitas seni, tapi juga seniman muda, sellers (penjual), dan buyers (pembeli),” kata Menparekraf Sandiaga saat mengunjungi gelaran Art Jakarta Gardens di Jakarta Pusat, Selasa (7/2/2023).

Lebih lanjut, menurut dia, pameran seni seperti Art Jakarta Gardens ini menjadikan Indonesia sebagai tujuan bagi penikmati seni untuk melihat kreasi-kreasi baru dari seniman Tanah Air.

“Saya rasa ini bagus untuk pariwisata karena saya lihat ada banyak ketertarikan datang berkunjung melihat karya seni, dan Indonesia menjadi tujuan wisata bagi penikmat seni untuk melihat banyak kreativitas baru dari para seniman,” ucapnya.

Acara berkonsep outdoor (luar ruangan) ini, tuturnya, telah menjadi inovasi yang tepat sejak pandemi Covid-19. Apalagi dengan berlakunya aturan jaga jarak.

Meskipun saat ini pemerintah sudah mencabut PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), namun area luar ruangan hadir memfasilitasi pengunjung yang ingin menikmati karya seni dalam lingkup lebih luas.

“Ini menjadi inovasi setelah pandemi Covid-19, dan menyelenggarakan pameran di taman membuat orang-orang bisa menikmati seni di area yang lebih luas dengan memperhatikan aturan terkait Covid-19,” ucapnya.

Ke depannya, ia berharap kegiatan seperti ini bisa terus dikembangkan, dengan melibatkan berbagai pihak dan peluang yang ada, guna membawa peningkatan terhadap sektor ekonomi kreatif Indonesia.

“Kalau ini bisa terus direalisasikan akan sangat positif untuk perkembangan industri seni terutama lukisan dan seni rupa Indonesia,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.