Belum lama ini OPPO telah meluncurkan ponsel terbaru mereka ke pasar Indonesia, salah satunya adalah OPPO Reno8 4G. Jika kamu telah membelinya, disarankan agar kamu melakukan hal berikut agar lebih optimal.

OPPO resmi meluncurkan ponsel OPPO Reno8 4G ke Indonesia beberapa waktu lalu. Ponsel ini memiliki desain retro yang menarik perhatian, karena hanya mengusung dimensi 159,9 x 73,2 x 7,7 mm. Ponsel ini terbilang tipis sehingga nyaman digenggam.

Desain bodi OPPO Reno8 4G disempurnakan dengan OPPO Glow ikonik khas OPPO. Tampilannya tampak mewah dengan efek glitter yang tahan goresan, dan bebas noda sidik jari meskipun tangan kamu sedang berkeringat. Dengan semua keunggulannya yang dibawanya, ada beberapa hal hal yang harus kamu perhatikan pada OPPO Reno8 4G setelah membelinya. Berikut beberapa tips fitur-fitur yang harus kamu kenali dari OPPO Reno8 4G.

1. Personalisasi tampilan

Lakukan hal ini setelah membeli ponsel baru

Kamu dapat melakukan personalisasi pada OPPO Reno8 4G agar tampilannya lebih keren. Hal ini dapat memilih di bagian Settings dan masuk ke opsi ‘Personalizations’. Pada bagian ini, ada banyak personalisasi tampilan yang dapat kamu atur sesuai selera.

Ada beberapa komponen tampilan yang dapat diatur pada bagian ini. Pertama ada Wallpapers, selain wallpaper statis, OPPO Reno8 4G juga menyajikan Live Wallpaper atau gambar wallpaper yang dapat bergerak. Selain yang tersedia secara default, kamu bisa pula mengunduh wallpaper dengan mudah sesuai keinginan.

Selain wallpaper, kamu juga dapat mengatur fungsi Always-On Display (AOD) yang menampilkan pola pada layar meskipun ponsel dalam keadaan terkunci. Tentu saja ada tampilan jam dengan style yang dapat diganti-ganti, sehingga kamu dapat melihat waktu tanpa harus menyalakan layar ponsel.

Antarmuka pengguna pada ponsel ini dapat pula dikustomisasi sehingga memiliki tampilan yang lebih menarik. Terdapat pilihan ‘Edge lighting’ yang memungkinkan pinggiran layar ponsel aktif menyala dengan gerakan relatif lambat ketika ada notifikasi masuk. Di sisi lain, ada ‘Breathing light’ yang memungkinkan salah satu lensa kamera belakang menyala berkedip secara perlahan ketika ada notifikasi masuk, panggilan telepon, dan ketika ponsel sedang diisi ulang.

 

2. Aktifkan fitur keamanan

Demi keamanan tambahan, jangan lupa untuk mengaktifkan ‘Smart notification hiding”. Fitur ini memanfaatkan algoritma pengenalan cerdas untuk mendeteksi wajah pengguna dan wajah lainnya. Setelah diaktifkan, maka ketika ada notifikasi masuk, fitur ini akan memindai melalui kamera depan.

Dalam kondisi hanya ada wajah pengguna saja yang terdeteksi, maka isi dari pesan tersebut akan ditampilkan. Namun, ketika fitur ini mendeteksi ada wajah lain selain wajah pengguna, maka isi pesan yang masuk ke ponsel akan disembunyikan.

Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang sering berkirim data atau pesan yang bersifat sensitif, seperti data keuangan, data pribadi, juga hal-hal sensitif lainnya. Smart notification hiding juga dapat diandalkan bagi kalian yang sering menggunakan transportasi umum.

 

3. Fitur pendukung lainnya

Ponsel OPPO Reno8 hadir dengan kapasitas penyimpanan sebesar 256 GB yang dapat diperluas dengan tambahan kartu microSD hingga 1 TB. Pada bagian RAM, ponsel ini memiliki kapasitas 8 GB. Namun, kamu masih dapat melakukan ekspansi kapasitas RAM ini dengan menambahkannya dari ROM sebesar 2 GB, 3 GB, atau 5 GB. Dengan demikian kapasitas RAM yang diberikan oleh OPPO Reno8 4G dapat menjadi hingga 13 GB.

Sistem operasi yang berjalan pada OPPO Reno8 4G adalah versi Android 12 dengan antarmuka ColorOS 12 khas OPPO. Untuk layarnya, ini menggunakan teknologi AMOLED berukuran 6,43 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Performa layar ini sangat baik untuk ukuran ponsel di kelasnya, karena selain menawarkan kontras tinggi, panel ini memiliki refresh rate 90 Hz. Tidak ketinggalan pula sertifikasi Eye Care oleh SGS sehingga tidak menyebabkan mata lelah

Hal yang tidak kalah penting adalah OPPO Reno8 4G mengusung sertifikasi IPX4. Artinya, ponsel ini tahan terhadap percikan air sehingga aman digunakan ketika memotret atau merekam video saat hujan ringan.

 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.