OPPO baru saja meluncurkan seri OPPO Reno8 ke Indonesia, salah satunya adalah Reno8 4G. Ini memiliki konfigurasi kamera depan 3 unit beresolusi 64 MP pada kamera utamanya.

Beberapa waktu yang lalu OPPO telah meluncurkan jajaran lengkap dari ponsel seri OPPO Reno8. Seri ini terdiri dari model OPPO Reno8 Pro 5G, OPPO Reno 8 5G, OPPO Reno 8 Z 5G, dan OPPO Reno 8 4G. Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan membahas OPPO Reno8 4G terutama pada bagian kameranya.

Desain menarik

Bisa dibilang bahwa Reno8 4G adalah salah satu ponsel dengan desain unik di kelasnya. Pasalnya, dengan dimensi 159,9 x 73,2 x 7,7 mm, OPPO menyebut ponsel Reno8 4G sebagai Retro Ultra Slim. Desain dari bodi ini juga disempurnakan dengan OPPO Glow ikonik khas perusahaan, dengan tampilan glitter, tahan terhadap goresan ringan, dan bebas noda sidik jari meskipun tangan kamu sedang berkeringat maupun agak berminyak.

Pada pinggiran Reno8 4G, OPPO mendesain ponsel ini dengan bentuk rata sehingga bernuansa sederhana tetapi menarik. Meskipun pinggiran ini bersudut karena bentuknya yang dibuat rata, pengalaman saat menggenggam ponsel ini tetap nyaman dan memungkinkan pengguna mengaksesnya hanya menggunakan satu tangan. Hal yang tidak kalah menarik adalah OPPO Reno8 4G memiliki sertifikasi IPX4 sehingga tahan terhadap cipratan air.

Kamera OPPO Reno8 4G buat foto siang malam

Tiga bezel (atas, kiri, kanan) bagian depan pada ponsel ini terbilang tipis sehingga menambahkan pengalaman ketika mengakses layarnya. Memang, bezel pada bagian bawah terlihat lebih tebal dibandingkan dengan bezel lainnya. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi estetika desain keseluruhan ponsel terbaru buatan OPPO ini. Bobot ponsel ini hanya 182 gram, menjadikannya tidak terlalu berat ketika dipegang.

Pada bagian modul kamera belakang, ini dibuat agak berbentuk menonjol. Namun, tonjolan ini akan tidak terasa ketika ponsel dipakaikan casing yang tersedia dalam paket penjualannya. Dalam modul ini, terdapat tiga konfigurasi kamera. Ketiga kamera belakang ini terdiri dari kamera utama beresolusi 64 MP, kamera mikroskop beresolusi 2 MP, dan kamera depth sensor beresolusi 2 MP.

Salah satu lensa kamera belakang tersebut dilengkapi dengan RGB ring light berbentuk melingkar. Lampu LED ini akan menyala ketika ada notifikasi masuk dan selama proses mengisi ulang baterai. Ini berguna untuk tetap dapat mengetahui status ponsel meski dalam keadaan layar menghadap ke bawah.

Berbicara soal layar, panel layar yang ada di Reno8 4G mengusung teknologi AMOLED berukuran 6,43 inci yang menjanjikan kontras tinggi dan warna lebih cerah daripada IPS. Layar ini diperkuat dengan refresh rate 90 Hz serta kecerahan maksimal hingga 800 nit yang cukup baik ketika kamu mengaksesnya pada siang hari di luar ruangan. Layar ini memiliki punch-hole di sudut kiri atas, yang menjadi lokasi kamera depan dengan resolusi 32 MP.

Prosesor yang digunakan pada ponsel ini adalah Qualcomm Snapdragon 680. Dengan prosesor ini, OPPO Reno8 4G akan menghadirkan performa cepat sekaligus dapat menyeimbangkan konsumsi daya. Ponsel dengan layar beresolusi 1080 x 2400 piksel tersebut membawa konfigurasi RAM 8 GB yang dilengkapi dengan teknologi ekspansi RAM hingga 5 GB, dan penyimpanan internal sebesar 256 GB yang masih dapat diperluas dengan tambahan kartu microSD hingga 1 TB.

Sistem operasi yang berjalan pada OPPO Reno8 4G adalah versi Android 12 dengan antarmuka ColorOS 12 khas OPPO. Sebagai bagian dari seri ponsel pertama yang memiliki antarmuka tersebut, OPPO Reno8 4G memberikan pengguna akses langsung ke sistem operasi yang lebih nyaman dan lancar dengan berbagai fitur populer seperti AI System, Booster, Air Gestures, dan Adaptive Sleep.

Kamera

Kamera adalah salah satu fitur yang ditonjolkan dalam OPPO Reno8 4G. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pada bagian belakang ponsel ini terdapat tiga konfigurasi kamera. Konfigurasi ini terdiri dari kamera utama beresolusi beresolusi 64 MP, kamera mikroskop beresolusi 2 MP, dan kamera depth sensor beresolusi 2 MP.

Ketika memotret pada siang hari, hasil yang diberikan kamera belakang OPPO Reno8 4G terlihat sangat bagus untuk ukuran ponsel kelas menengah. Detail yang ditampilkannya sangat sangat baik, ini terlihat pada daun-daun di pepohonan dan rumput pada bagian bawah. Detail pada garis-garis tekstur gedung yang difoto pun terlihat jelas meski difoto dari jauh. Selain itu, warna yang diberikannya terlihat bagus. Hal ini tidak lepas dari keunggulan kecerdasan buatan (AI) yang dipegang ponsel tersebut. AI ini juga berperforma cepat tanggap dan akurat dalam mendeteksi subjek yang akan difoto.

Kamera utama siang

 

Masih memotret kala siang hari, tetapi kini dengan menggunakan zoom 2x. Meskipun pembesaran ini merupakan zoom digital, hasil yang ditawarkannya mirip dengan zoom optik. Pasalnya, subjek pada foto terlihat jelas tanpa penurunan ketajaman yang berarti. Masing-masing warna pada subjek pun terlihat sama seperti ketika memotret tanpa menggunakan zoom. Pada titik ini, performa AI juga masih responsif mendeteksi subjek.

Zoom 2x siang

 

Kamera utama OPPO Reno8 juga andal ketika memotret subjek yang membelakangi cahaya matahari. Ketika membidik subjek yang membelakangi sinar yang cukup kuat, ponsel ini langsung mengaktifkan mode high dynamic range (HDR). Dengan demikian, exposure pada masing-masing subjek terlihat tertata rapi tanpa saling mendominasi. Pada bagian pohon-pohon dan gedung-gedung, warnanya terlihat jelas tanpa terjadi under-exposure. Di sisi lain, awan pada bagian langit juga terlihat jelas dengan tekstur yang tetap terjaga tanpa gangguan over-exposure.

HDR

 

Sebelumnya telah disinggung bahwa salah satu dari tiga kamera belakang adalah kamera mikroskop. Kamera ini berguna untuk memotret subjek dari jarak yang sangat dekat, bahkan lebih dekat dari mode makro yang ada di kebanyakan ponsel saat ini. Hal ini berguna untuk memotret subjek yang bersifat mikroskopis menjadi terlihat besar pada hasil foto. Hasil yang diberikan sangat memuaskan. Selain itu, karena terdapat ring lampu LED pada lensa kamera mikroskop, maka memotret jarak dekat semakin mudah tanpa ada gangguan bayangan dari ponsel itu sendiri.

Mode mikroskop

 

Kamera depan OPPO Reno8 4G memegang resolusi 32 MP. Resolusi ini termasuk tinggi untuk sebuah kamera depan ponsel. Agar hasil selfie kamu lebih bergaya, terdapat efek filter latar belakang yang dapat disesuaikan. Salah satunya adalah Bokeh Flare Portrait yang memungkinkan latar belakang menjadi terlihat mulus bukan hanya sekadar buram, tetapi juga ada sentuhan bulatan efek bokeh. Pemisahan antara subjek dan latar belakang terlihat rapi dengan pinggiran subjek yang tidak tercampur dengan layar belakang.

Selfie Bokeh Flare Portrait

 

Setelah memotret menggunakan Reno8 4G, kini saatnya memotret dalam kondisi cahaya malam hari. Hasil yang ditawarkannya sangat memuaskan. Mode malam pada ponsel ini mampu menghasilkan foto yang sangat terang dengan exposure yang tepat pada porsi masing-masing. Tidak ada gangguan noise yang berarti sehingga tidak menurunkan kualitas ketajaman dari hasil foto malam. Daun pepohonan yang berada di kejauhan masih tampak jelas beserta teksturnya. Beragam lampu warna-warni dan berwarna putih tidak berpendar terlalu berlebihan sehingga tidak menghasilkan gangguan flare. Secara keseluruhan, memotret malam menggunakan ponsel ini sangat memuaskan

Kamera utama malam

Kamera utama malam

Kamera utama malam

Kamera utama malam

Untuk hasil malam dengan pemotretan zoom sebesar 2x, hasil yang diberikannya masih terlihat bagus meski ini adalah pembesaran yang dilakukan secara digital. Tidak ada subjek yang terlihat pecah karena zoom ini. Secara keseluruhan, zoom pada tingkat ini masih sangat layak ketika digunakan pada malam hari.

Zoom 2x malam

Zoom 2x malam

Zoom 2x malam

 

Tentu saja kamera belakang dapat menampilkan latar belakang bokeh. Hal ini salah satunya berkat kehadiran kamera depth sensor di konfigurasi kamera belakang. Agar bokeh terlihat lebih alami layaknya dipotret menggunakan kamera mirrorless atau DSLR, kamu dapat memilih mode Bokeh Flare Portrait. Ini akan menampilkan bulatan-bulatan dari efek bokeh sehingga subjek utama akan lebih menonjol dan terlihat dramatis.

Bokeh Flare Portrait malam

Bokeh Flare Portrait malam

Bokeh Flare Portrait malam

 

Hasil malam kamera depan juga tidak kalah bagusnya. Dengan mode malam, hasil yang diberikannya terlihat terang pada bagian subjek utama maupun latar belakang. Gangguan noise pun terlihat minim sehingga tidak terlalu mengganggu dan ketajaman detail yang masih terjaga. Lampu warna-warni pada bagian latar belakang terlihat jelas dengan warna yang akurat dan cerah.

Selfie malam

 

Tidak ketinggalan pula kamu dapat mengubah efek latar belakang agar selfie malam terlihat lebih menarik perhatian. Mengandalkan kecerdasan buatan (AI), kamera depan dapat memilah antara subjek utama dan latar belakang. Selain itu, kamu dapat memilih Bokeh Flare Portrait agar layar belakang menjadi terlihat lebih istimewa dan menarik perhatian.

Selfie Bokeh Flare Portrait malam

Selfie Bokeh Flare Portrait malam

Selama memotret, saya tidak merasakan adanya gangguan shutter lag. Selain itu, stabilisasi yang diberikannya selama melakukan pemotretan cukup baik, hal ini berguna terutama ketika sedang mengambil foto pada malam hari yang menggunakan shutter speed rendah di bawah 1 detik. Di sisi lain, dengan kapasitas baterai 4.500 mAh, efisiensi daya pada ponsel ini cukup tinggi. Pasalnya ketika saya memotret dari pagi hingga malam, masih ada daya baterai tersisa sebanyak sekitar 60%.

Fitur fotografi kian apik

Secara keseluruhan, jika kamu ingin mendapatkan ponsel kelas menengah dengan desain premium serta hasil foto yang bagus, OPPO Reno8 4G bisa menjadi salah satu pilihan kamu. Ponsel ini menampilkan fitur-fitur fotografi yang menarik seperti Bokeh Flare Portrait sehingga akan meningkatkan keistimewaan hasil foto kamu dengan lainnya. Kameranya dapat diandalkan dalam berbagai kondisi cahaya, mulai dari terang, subjek membelakangi cahaya, hingga kondisi minim cahaya seperti malam hari. Harga untuk OPPO Reno8 4G adalah Rp4.999.000


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.