Pesan itu dibuat untuk meredakan kekhawatiran pemilih tentang kesehatan Biden yang berusia 79 tahun. Dia adalah orang tertua yang pernah menjadi presiden. Dan juga untuk menunjukkan kepada negara itu bahwa ancaman pandemi menjadi jauh lebih sedikit daripada sebelum Biden menjabat, berkat vaksin yang tersebar luas dan obat terapi baru.

Namun, menyampaikan sentimen pada hari pertama terkena virus Covid-19 tidak selalu mudah.

Dalam briefing panjang dengan wartawan, sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre berulang kali mengatakan bahwa Gedung Putih setransparan mungkin tentang kesehatan presiden. Tetapi dia menangkis pertanyaan wartawan yang spesifik. Dan ketika ditekan tentang di mana Biden mungkin tertular virus, dia menjawab, “Saya pikir itu tidak penting, bukan? Saya pikir yang penting adalah kami siap untuk saat ini.”

Jean-Pierre dan Koordinator Tanggapan Covud-⁠19 Gedung Putih Ashish Jha tidak sepenuhnya menjawab pertanyaan tentang apakah Biden mulai mengisolasi diri, setelah mulai mengalami gejala pada Rabu malam, seperti yang disarankan oleh pedoman federal, atau melakukannya setelah tes positifnya hari berikutnya. Jha menolak untuk berspekulasi tentang beberapa aspek dari prognosis presiden.

Direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular di University of Minnesota Michael Osterholm, mengatakan penting bagi orang Amerika untuk mengetahui bahwa mereka harus tetap berhati-hati dengan virus, yang terus membunuh ratusan orang setiap hari.

“Itulah keseimbangan yang harus kita capai,” kata Osterholm. “Presiden Amerika Serikat akan melakukannya dengan sangat baik,” kata dia lagi.

Gejala yang dirasakan biden pada hari pertama sebagian besar ringan karena dia sepenuhnya telah mendapatkan vaksinasi dan booster, demikianr menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh dokternya, Kevin O’Connor. Presiden juga menggunakan Paxlovid, obat antivirus yang dirancang untuk mengurangi keparahan penyakit.

Jha mengatakan kasus Biden sedang diprioritaskan, yang berarti kemungkinan akan memakan waktu kurang dari seminggu untuk pengurutan dalam menentukan varian virus mana yang hinggap di Biden. Sub-strain BA.5 Omicron yang sangat menular sekarang menjadi lebih dari 65% kasus di AS.

Jean-Pierre mengatakan ibu negara Jill Biden melakukan kontak dekat dengan presiden, tetapi dia menolak untuk membahas orang lain yang juga mungkin telah terpapar, dengan alasan privasi. Biden telah melakukan perjalanan ke Massachusetts, pada sehari sebelumnya, untuk mempromosikan upaya memerangi perubahan iklim dan terbang dengan Air Force One bersama beberapa pemimpin Demokrat, termasuk Senator Massachusetts Elizabeth Warren.

Seorang pejabat Gedung Putih mengonfirmasikan bahwa Wakil Presiden Kamala Harris juga melakukan kontak dekat dengan Biden, dan Klain mengatakan dia juga.

Selama pengarahannya, Jean-Pierre juga tidak menyukai anggapan pemerintahan Biden tidak lebih terbuka dengan informasi tentang penyakit presiden daripada pendahulunya, Donald Trump. Mantan presiden tertular Covid-19 pada musim gugur 2020, sebelum vaksin tersedia, dan dirawat di rumah sakit di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed selama tiga malam.

“Saya sepenuh hati tidak setuju,” kata Jean-Pierre tentang perbandingan. “Kami melakukan ini dengan sangat berbeda-sangat berbeda-dari pemerintahan terakhir.”

Ditanya tentang kemungkinan Biden mungkin perlu dirawat di rumah sakit, Jha menekankan bahwa presiden adalah “doing well” dan menambahkan bahwa “jelas ada banyak sumber daya yang tersedia di Gedung Putih untuk merawatnya.”

Sumber : Associated Press


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.