Jastip adalah usaha yang tujuannya untuk membantu orang membeli produk yang tidak tersedia di wilayah tersebut. Pebisnis bisa meraih keuntungan dengan memberikan biaya untuk setiap barangnya.

Sebenarnya, jastip adalah bisnis yang hampir sama dengan jualan barang dengan harga lebih tinggi. Namun, jastip memastikan bahwa orang tersebut sudah pasti akan membeli, bukan Anda saja yang menyediakan. Sehingga, siapa pun bisa memulai bisnis ini, bahkan tanpa modal sekalipun.

Anda mungkin berpikir risiko yang dihadapi jika barang sudah tersedia, tapi pelanggan berubah pikiran atau tidak jadi. Tidak perlu khawatir, jastip adalah bisnis yang menggunakan sistem PO atau pre-order, sehingga pelanggan perlu membayar sebelum kita memesan. Oleh karena itu, bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal. Penasaran berapa omzet dan bagaimana cara memulainya?


Mekanisme Sistem Jastip

Jastip adalah Bisnis Tanpa Modal Berprospek Tinggi, ini Tipsnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jastip adalah usaha yang bisa dijalankan tanpa modal karena menggunakan sistem pre-order. Anda bisa menawarkan PO jastip melalui media sosial maupun secara langsung. Setelah itu, bagikan foto produk, detail harga, waktu terakhir pesan, lama pengiriman, dan proses pembayaran. Kemudian, Anda bisa langsung proses pembelian barang ketika mereka sudah membayar.

Baca juga: 5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil


Berapa Besaran Omzet Jastip?

Omzet atau keuntungan jastip bergantung dari besarnya margin yang Anda berikan untuk setiap barang. Umumnya, persentase keuntungan yang diambil sebesar 20 persen per barang. Namun, bisa berubah sesuai kesulitan yang dihadapi, apalagi jika pembelian barang dari luar negeri hingga memerlukan proses cukup panjang. Jumlah barang yang dipesan juga sangat mempengaruhi, semakin banyak barang, semakin tinggi omzet dan penghasilan bersih yang didapat.

Baca juga: Pengertian, Contoh, Manfaat Memiliki Target Pasar untuk Bisnis


Strategi Jualan Online Usaha Jastip

Jastip adalah 2

Tertarik ingin memulai bisnis jastip? Baca tips memulai dan strategi bisnis jasa titip yang telah terbukti di bawah ini!

1.Cari tahu kebutuhan pasar

Tawarkan barang yang memiliki kebutuhan pasar tinggi. Sebagai contoh, berbagai merchandise K-pop dari negara asalnya, makeup, baju, dan sebagainya. Pastikan kebutuhan untuk barang tersebut tinggi dan sulit didapatkan, sehingga bisnis jastip adalah solusi terbaik. 

2. Bangun kerja sama dengan penyedia produk

Anda tidak mungkin pergi ke luar negeri secara langsung untuk membeli kebutuhan jasa titip. Bangun kerja sama dengan penyedia produk dari negara atau tempat asalnya. Lakukan pengecekan background, jalin komunikasi yang baik, hingga membuat perjanjian kerja sama secara resmi, sehingga Anda dapat menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. 

3. Buat foto produk yang menarik

Persiapkan foto produk semenarik mungkin, sebab foto menarik dan profesional merupakan strategi terbaik untuk menarik pelanggan. Pelanggan akan menilai, apakah barang yang ditawarkan tepercaya atau tidak, melalui foto yang Anda sebarkan di media sosial, seperti Instagram, Facebook, maupun video di TikTok, dan YouTube. Berikan kesan pertama yang baik berupa foto produk yang profesional dan bersih. Jangan sampai Anda kehilangan pelanggan karena foto yang kurang menarik.

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Online Terlengkap Bagi Pemula

4. Tetapkan harga yang sesuai

Bisnis jasa titip adalah bisnis yang bisa Anda kelola sesuai preferensi atau kebutuhan. Sesuaikan harga dengan keadaan dan standar umum. Pastikan Anda tetap mendapatkan untung, tapi juga dengan rasio yang masih masuk akal bagi pembeli. Jika terlalu mahal. kemungkinan besar pembeli akan mundur, apalagi jika harga jasa titip lebih mahal daripada menggunakan pengiriman seperti marketplace.

5. Balas chat secepat mungkin

Balas pesan pelanggan secepat mungkin karena biasanya mereka masih ragu membeli dan memiliki banyak pertimbangan. Tanggapi semua pertanyaan pelanggan dan yakinkan bahwa bisnis jastip adalah pilihan yang terbaik dengan segala keuntungan yang ditawarkan. Jangan sampai kehilangan pelanggan karena terlambat membalas pesan sehingga pelanggan sudah memilih jastip yang lain. 


Bisnis atau usaha jastip adalah salah satu solusi bisnis bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis dengan modal seminimal mungkin. Anda bisa memulai bisnis ini kapan saja karena jastip adalah bisnis yang menggunakan sistem pre-order. Bangun citra baik di media sosial dengan memberikan foto produk yang terbaik, post secara teratur, berbagi tips dan edukasi, juga sediakan layanan customer service yang cepat dan tanggap.

Meskipun membutuhkan modal yang sedikit, tapi jastip adalah bisnis yang sama pada umumnya. Anda tetap perlu membuat strategi jualan online yang terbaik untuk bisa sukses. Tertarik dengan bisnis jastip dan ingin mencobanya? GoStore dan MOKA menyediakan omnichannel untuk mempermudah bisnis jastip. Yuk, nikmati manfaatnya!

 

Social commerce-1


Artikel ini bersumber dari blog.mokapos.com.