detikfakta.com – Raja Charles III menyampaikan pidato perdananya sebagai pemimpin tertinggi Kerajaan Inggris. Charles menyebut nama putranya Pangeran William dan istrinya.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (10/9/2022), Raja Charles menyampaikan pidato perdananya melalui siaran televisi. Charles menyinggung kehidupan Pangeran William dan Meghan Markel.

“Saya juga ingin mengungkapkan cinta saya kepada Harry dan Meghan karena mereka terus membangun kehidupan mereka di luar negeri,” kata Charles merujuk Duke dan Duchess of Sussex tersebut dalam pidatonya.

Sementara itu, Charles juga menyebut nama istrinya, Camilla, yang menjadi permaisuri Charles atau queen consort. Charles mengaku mengandalkan istrinya untuk menjalani peran baru ini

“Ini juga merupakan waktu perubahan bagi keluarga saya. Saya mengandalkan bantuan penuh kasih dari istri tercinta saya Camilla. Sebagai pengakuan atas pelayanan publik kerajaannya sendiri sejak pernikahan kami 17 tahun lalu, dia menjadi Permaisuri saya,” kata Raja Charles III.

Charles mempercayai istrinya dapat menjalankan peran baru sebagai permaisuri. Charles mengaku mengandalkan istrinya menjalani peran baru ini.

“Saya tahu dia akan memenuhi tuntutan peran barunya, pengabdian yang teguh pada tugas yang sangat saya andalkan,” lanjutnya.

Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur dari tugas-tugas garis depan mereka sebagai keluarga kerajaan pada Jumat (10/1/2020). Keputusan adik Pangeran William ini membuat banyak orang terkejut, termasuk Ratu Elizabeth II.

Meghan Markle dan Pangeran Harry mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris dengan alasan akan mandiri secara finansial, namun masih mendukung kebijakan Ratu Elizabeth II.

Bersama sang anak, Archie Harrison Mountbatten-Windsor yang berusia 8 bulan, Meghan Markle dan Pangeran Harry akan membagi waktunya antara Inggris dan Amerika. Keduanya akan tetap melaksanakan tugas untuk Ratu Elizabeth II dan petugas kerajaan.