Untuk memberikan pengguna pengalaman penggunaan perangkat yang lebih baik, Intel terus kembangkan berbagai teknologi nirkabel generasi terbaru.

Teknologi perangkat nirkabel dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan kemampuan. Bukan hanya dari sisi kecepatan transfer data saja, namun dari sisi keamanan juga teknologi ini mendapatkan kemajuan yang cukup baik.

Salah satu pionir dalam pengembangan teknologi ini adalah Intel. Semenjak 2003, mereka telah mengembangkan berbagai teknologi nirkabel, mulai dari Wi-Fi hingga pengembangan jaringan seluler.

“Intel memiliki sejarah yang lengkap dalam ruang nirkabel hampir dua dekade. Kami fokus untuk memastikan bahwa platform PC adalah best-connected experience yang dapat Anda miliki. Kami memulai pada 2003, ketika Intel menghadirkan Centrino, platform pertama Intel yang berfokus untuk memastikan Anda memiliki konektivitas Wi-Fi terbaik,” ujar VP Client Computing Group & GM, Wireless Solutions Group, Intel Corp, Eric McLaughlin dalam acara State of Wireless Connectivity yang dilakukan secara daring.

Intel saat ini telah menyediakan layanan nirkabel Wi-Fi 6e yang memiliki transfer data yang sangat tinggi. Dengan latensi rendah, pengalaman penggunaan jaringan nirkabel ini pun tergolong sangat baik.

Namun, tak puas dengan teknologi jaringan tersebut, Intel saat ini dikabarkan sedang mengembangkan teknologi Wi-Fi baru, yakni Wi-Fi 7. Meski akan menggunakan teknologi Wi-Fi 6e sebagai dasar, namun Wi-Fi 7 akan menawarkan sejumlah peningkatan.

“Teknologi ini dibangun di atas spektrum 6 GHz yang ditingkatkan, memiliki keandalan yang lebih tinggi, latensi yang jauh lebih rendah. Kita melihat kecepatan 5 Gbps atau lebih dalam solusi yang akan datang ke market,” papar Intel Fellow & Wireless CTO, Client Computing Group, Intel Corp, Carlos Cordeiro.

Lebih lanjut, Intel melihat bahwa kedepannya, semua teknologi jaringan nirkabel akan menjadi sebuah hal yang sangat lumrah. Mereka membayangkan pengguna menikmati teknologi ini secara seamless saat mereka berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain.

Satu bidang lain yang disinggung oleh Carlos adalah soal jaringan seluler. Mereka menyebut telah menggandeng MediaTek untuk membawa lebih banyak jaringan 5G ke dalam laptop yang menggunakan produk Intel dalam waktu dekat ini.

“Kami memiliki enam desain saat diluncurkan pada tahun 2021 dan lebih dari 30 desain pada tahun 2022. Dan itu terus berkembang seiring berjalannya waktu hingga tahun 2023 dan seterusnya,” tambah Carlos.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.