detikfakta.com – Ada kabar kurang menyenangkan dari ajang balap MotoGP Amerika 2023 yang berlangsung pekan ini. Pasalnya, pembalap Repsol Honda , Marc Marquez dipastikan kembali absen dalam balapan di Circuit of The America ( COTA ) tersebut.

Dalam keterangan resmi Repsol Honda pada Selasa, 11 April 2023, Marc Marquez dikatakan masih cedera akibat insiden dengan Miguel Oliveira (Rnf Aprilia Racing ) saat balap pembuka di Sirkuit Jerez. Marc Marquez diketahui mengalami patah tulang di ibu jari kanannya setelah insiden tersebut.

Setelah absen di balapan MotoGP Argentina 2023 dua pekan lalu, pembalap asal Spanyol ini juga kini mengumumkan akan absen di MotoGP Amerika 2023.

Hasil ini didapatkan setelah Marc Marquez melakukan pemeriksaan CAT terakhir sebelum dinyatakan tidak fit untuk ikut balapan.

“Setelah pemindaian CAT terakhir, Marc Marquez dan tim medisnya, dipimpin oleh Dr. Ignacio Roger de Oña, di Ruber Internacional Hospital di Madrid telah memastikan metakarpal pertama masih dalam proses penyembuhan,” kata keterangan resmi Repsol Honda dikutip Pikiran-Rakyat.com pada Rabu, 12 April 2023.

“Setelah bekerja sama erat dengan Tim Repsol Honda dan HRC, semua yang terlibat telah memilih untuk membiarkan cedera sembuh sepenuhnya dan menghindari risiko yang tidak perlu,” bunyi surat tersebut.

Repsol Honda mengabarkan Marc Marquez akan melanjutkan pengobatannya kembali di rumah. Ia akan kembali ke sirkuit jika sudah bugar secara penuh.

Perlu diketahui bahwa absennya Marc Marquez dari MotoGP Amerika 2023 sangat disayangkan. Pasalnya, pembalap berjuluk ‘The Baby Alien’ ini dijuluki juga sebagai The King of America (Raja di Amerika).

Pasalnya, Marc Marquez mendapatkan kemenangan beruntun dari tahun 2013-2018 ketika berlaga di Sirkuit COTA . Ia tapi akhirnya harus merelakan titel ini.

Pasalnya, pada 2022, Marc Marquez hanya finish ke-6 di MotoGP Amerika 2022. Sekarang dia harus absen dari balapan yang membesarkan namanya tersebut.***