Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

Sampai era saat ini, mobil Soluna masih jadi mobil klasik paling dicari di Indonesia. Meski sampai tahun 2021 saat ini belum ada versi terbarunya. 

Apa yang membuat Soluna terasa istimewa hingga dicari sampai saat ini? Yuk, simak pembahasan mengenai harga mobil Soluna, spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya. 

Harga mobil Soluna bekas terbaru 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai mobil ini, kamu perlu tahu lebih dulu harga mobil Soluna di pasaran. Selain supaya mendapatkan harga yang pantas dan cocok sesuai dengan budget, tahu harga mobil Soluna bekas sebelum menentukan pilihan akan membuat kamu mendapatkan penjual mobil yang jujur. 

Tentu kamu ingin dong dapat mobil Soluna yang sesuai dengan kondisi dan speknya?  Nah, berikut gambaran harga Soluna Bekas tahun 2021 yang disadur dari sejumlah website penjual mobil di Indonesia. 

Tipe Soluna  Tahun  Harga Soluna Bekas
Automatic  2000 Rp 45,8 juta
XLI Manual 2001 Rp 28 juta
GLi Automatic 2002 Rp 55 juta
GLI Automatic 2001 Rp 47 juta 
XLI Manual 2002 Rp 87 juta
XLI Manual Bekas Taksi  2003 Rp 35 juta 

Sudah tahu kelebihan – kekurangan dan harga Soluna bekas di pasaran, gimana makin tertarik untuk memilikinya? 

Spesifikasi mobil Soluna 

Selain harga mobil bekas Soluna yang terjangkau, apa yang membuat Soluna begitu istimewa hingga dijadikan kendaraan taksi? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mobil ini termasuk jenis kendaraan yang bandel. 

Mobil Soluna memiliki tiga jenis atau tipe yakni: XLi M/T, GLi M/T, dan GLi A/T. Kesamaan dari mobil tersebut adalah mesinnya yang merupakan DOHC 4 silinder segaris 16 katup berkode 5A-FE. Mesin ini memiliki kubikasi 1.500 cc.

Dengan mesin besar seperti itu, jadi wajar perusahaan taksi menjadikan Soluna sebagai mobil penumpang. Istimewanya Soluna ini adalah dikenal dengan bahan bakar yang digunakan cukup irit, padahal mesinnya cukup besar ya. 

Mobil Toyota Soluna memiliki varian standard dan juga facelift , manual serta automatic. Secara interior, ruang desain Soluna pada zamannya terbilang cukup bagus , bahkan kabinnya terbilang nyaman. 

Lalu apa perbedaan tiga tipe Soluna tersebut? Berikut rincian perbedaan tipe Soluna:

Harga Mobil Soluna Bekas – Kelebihan dan Kekurangannya

Toyota Soluna GLI

Mobil Soluna GLO telah memiliki power windows, central lock, remote alarm ,electric mirror, takometer ,pelek alloy dan lis body samping. Sudah memiliki transmisi otomatis juga, lho

Mobil Toyota Soluna GLO tersedia dalam varian warna yang menarik yaitu beige metallic.  

Toyota Soluna XLI 

Belum memiliki komponen seperti Soluna GLI, transmisinya belum yang otomatis tapi masih menggunakan manual. Warna metalic yang tersedia hanyalah jenis crystal white.

Soluna sedan terkenal dari Toyota di tahun 2000

Setelah krisis ekonomi tahun 1998, perekonomian Indonesia pada tahun 2000 mulai bangkit. Industri otomotif pun mulai kembali “nge-gas” dengan munculnya varian mobil baru yang mulai banyak diperkenalkan. 

Karena pada masa itu, bisa dikatakan ekonomi belum sepenuhnya pulih dengan daya belanja masyarakat yang masih terbatas. Toyota merilis jenis kendaraan yang terbilang ekonomis, mesin bandel tapi tetap memiliki ‘gaya’ tersendiri. 

Salah satunya adalah Sedan Toyota Soluna yang dirancang pada masanya sebagai mobil dengan harga terjangkau tapi kualitas mumpuni. 

Pertama kali dirilis pada April 2000 setelah tertunda dua tahun, Soluna diperkenalkan PT Toyota Astra (TAM) sebagai mobil sedan baru selain mobil Toyota Starlet. Hanya saja, bedanya mobil Soluna lebih bongsor alias besar ketimbang Starlet. 

Soluna mampu menampung empat sampai lima penumpang. Layaknya sedan pada umumnya, mobil ini hanya diperuntukan untuk keluarga muda atau profesional yang diperuntukkan untuk perjalanan di lintas perkotaan. 

Saking lakunya saat ini dan dinilai sebagai salah satu sedan modern di awal tahun 2000, apalagi spesifikasinya merupakan mobil yang bisa dikendarai pagi, siang, sore hingga malam. Soluna kemudian dilirik sebagai salah satu kendaraan utama taksi pada tahun 2003. 

Seketika saat itu, Soluna pun seperti ‘turun kelas’ menjadi mobil angkutan umum dari mobil pribadi. 

Kenapa mobil Soluna bekas masih diburu? 

Meski sudah tidak lagi mengeluarkan seri terbarunya tapi rupanya Soluna bekas masih saja diburu. Lihat saja beberapa situs penjualan mobil yang menawarkan Soluna bekas, masih ramai pembeli. 

Sebenarnya apa sih keistimewaan sedan yang muncul pada masa krismon Indonesia ini? 

Selain karena kelebihannya yang telah disebutkan di atas, rupanya mobil Soluna bekas masih diburu karena modelnya yang klasik dan tak lagi diproduksi oleh Toyota lagi. 

Selain itu, mobil ini sangat cocok untuk kamu yang budgetnya terbatas tapi butuh kendaraan untuk wara wiri ke sebuah lokasi di daerah perkotaan. Apalagi Soluna ini terkenal dengan pemakaian bahan bakar yang sangat irit. 

Berikan perlindungan terbaik untuk keuanganmu dengan asuransi mobil TLO. Asuransi mobil TLO memberikan ganti rugi kerusakan mobil di atas 75 persen dan kehilangan akibat pencurian. Dapatkan asuransi TLO terbaik di Lifepal.

Kelebihan dan kekurangan mobil Soluna 

Sempat menjadi idola mobil sedan menandakan bahwa Soluna memang pada masanya menjadi salah satu mobil terbaik, meski tak lagi diproduksi selama 18 tahun sejak terakhir kali diproduksi pada 2003.

Namun, saat kamu membeli mobil tua, ketahui masalah apa saja yang biasanya kerap muncul. Ini penting agar kamu bisa melakukan antipasi nantinya. Dalam hal ini, ada pula penyakit mobil soluna yang kerap dikeluhkan penggunanya.

Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan Soluna? Simak penjelasannya: 

Kelebihan Soluna 

Berikut yang menjadi kelebihan mobil Soluna.

  • Penggunaan BBM yang super irit: pemakaian BBM Soluna hanya 14 km/liter dan ini merupakan senjata utamanya. 
  • Suku cadang yang murah dan gampang didapatkan 
  • Durability Soluna seperti: kaki-kaki dan mesinnya terkenal bagus. Jadi wajar saja, jika Soluna sempat dijadikan taksi sebagai kendaraan utama. 
  • Mobil cukup stabil sebab konstruksi suspensi Soluna mirip Toyota Starlet, yakni McPherson strut. Roda depan dan torsion beam berada di belakang, sehingga menjadikan Soluna cukup stabil dalam akselerasi.
  • Perawatannya yang mudah. 
  • Mesin 1.500 CC menandakan tenaga mobil ini jangan diragukan.  

Kekurangan Soluna 

Berikut yang menjadi kelemahan Soluna.

  • Semua tipe Soluna kabinnya terbilang sempit 
  • Handling rem dinilai kurang baik, rem kerap terdengar dari luar dan rem kurang pakem 
  • Ketika Soluna hadir dalam bentuk taksi, minatnya mengalami penurunan dan harga mobil second-nya jadi jeblok
  • Kaki-kaki mobil dinilai ringkih 

Demikianlah pembahasan mengenai harga sedan Soluna bekas yang semoga bisa bermanfaat untuk kamu, ya. Harga bekas Toyota Soluna dapat kamu pertimbangkan jika ingin mencari mobil klasik dengan budget yang minim. 

Tips dari Lifepal! Saat kamu memutuskan untuk membeli mobil Soluna bekas, akan lebih baik bila mobil tersebut diasuransikan. Ini karena, mobil bekas membutuhkan lebih banyak biaya untuk perbaikan. 

Selain itu, resiko berkendara juga bisa menimpa siapa saja. Meskipun kamu sudah berhati-hati, resiko kecelakaan bisa saja terjadi akibat kelalaian pengemudi lain. Pelajari lebih lanjut informasi seputar asuransi mobil bekas di Lifepal dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Cari tahu daftar asuransi mobil Toyota yang sesuai dengan kebutuhanmu

Pengguna mobil Toyota seperti Soluna tak perlu khawatir karena ada banyak produk asuransi Toyota di Indonesia. Dengan harga premi yang terjangkau, asuransi mobil Toyota dapat memberikan perlindungan dari beban finansial akibat kecelakaan maupun bencana alam. 

Cari tahu di Lifepal daftar asuransi mobil Toyota dan bandingkan sendiri produk yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu masih bingung mengenai jenis asuransi apa yang sebaiknya dipilih, ikuti Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal berikut ini. 

Setelah mendapatkan rekomendasi asuransi terbaik, hitung perkiraan biaya premi asuransinya dengan Kalkulator Premi Asuransi Mobil di bawah ini. 

Pertanyaan seputar harga mobil Soluna

Harga mobil Soluna di Oto.com yang paling murah yakni Rp37 juta yakni Toyota Soluna XLI MT. Keunggulan mobil ini adalah mesin yang sudah 1.500 cc dan bahan bakar yang irit
Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil. Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Sama manfaatnya dengan asuransi motor yang bisa menanggung biaya perawatan dan perbaikan motor.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.