Zaman sekarang, mayoritas pengemudi suka berkendara sambil mendengarkan musik. Namun demikian, kebanyakan kualitas audio mobil bawaan pabrik kurang memadai sehingga membuat alunan musik jadi kurang sempurna. Untuk mendapatkan kualitas yang sesuai dengan keinginan, kamu bisa melakukan upgrade atau modifikasi audio mobil kamu. Lantas berapa harga audio mobil?

Sebelum mengetahui harga audio mobil, kamu perlu mengenal komponen yang ada pada audio mobil. Sebab dengan mengetahui komponen-komponen pada audio mobil, kamu akan terhindar dari kesalahan dalam memilih produk.

Sekarang, sudah tersedia banyak kok audio mobil murah namun kualitasnya tetap bagus. Berikut ini ulasan terkait harga audio mobil, komponennya, hingga spesifikasinya.

Daftar harga audio mobil

Berikut ini daftar harga audio mobil dari yang murah hingga mahal yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Paket audio mobil SQ VOX FONALIVO series by VOX RESEARCH original

Harga: Rp2.848.000

Paket audio mobil VOX FONALIVO merupakan produk lansiran dari VOX RESEARCH, satu brand atau merk audio mobil yang sudah sangat dikenal di arena kontes audio mobil SQ. 

Paket audio mobil ini mampu menghasilkan suara yang sangat detail, baik dari sisi suara high, middle, maupun low. Semua suara yang dihasilkan dapat terdengar dengan jelas dan sempurna.

Spesifikasi 

  • 1 Set Speaker Component/Split Fonalivo FO 6.2 II
  • 1 Pc Power 4ch Fonalivo F 475 AB
  • 1 Pc SubWoofer Fonalivo FO 12 Ukuran 12 Inch

2. Paket audio mobil SQ ROCKFORD FOSGATE

Harga: Rp6.698.000

Paket SQ (Sound Quality) audio mobil lansiran dari ROCKFORD FOSGATE, satu merk yang sudah sangat terkenal dan tidak asing lagi di dunia audio mobil, yang kualitasnya sudah teruji.

Paket audio ROCKFORD ini mampu menghasilkan kualitas suara yang jernih dan mewah, disertai bass yang detail dan dalam. Sangat cocok untuk aliran music POP, JAZZ, Country, RnB, Hip Hop, Trance, dan Techno.

Spesifikasi

  • 1 set speaker split/component Rockford Fosgate P165SE
  • 1 Pcs Power 4 channel Rockford Fosgate P400-4 (New Rockford of 4Channels 400 x 4)
  • 1 Pcs Subwoofer 12 inch Rockford Fosgate P1S4 12 inch

3. Paket audio mobil SQ venom type DIABLO untuk semua mobil

Harga: Rp4.440.000

Kamu ingin punya audio sistem yang berkelas dengan suara jernih dan dentuman bass yang powerfull? Maka kamu perlu paket audio venom type DIABLO.

Spesifikasi

  • 1 pcs POWER Diablo 4 CHANNEL
  • 1 pcs SUBWOOFER Diablo 12 inch
  • 1 set SPEAKER SPLIT Diablo Kanan kiri (2 pcs speaker, 2 pcs Tweeter, dan 2 pcs Crossover)

4. Paket audio mobil murah by Carman

Harga: Rp950.000

Paket audio mobil merk Carman merupakan audio termurah yang sudah dilengkapi oleh seluruh paketan audio yang terdiri dari power 4 channel, speaker split plus twitter, dan subwoofer yang besarnya 12 inchi.

Dengan harga hanya 950.000, audio ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk kamu yang sedang mencari audio mobil murah dengan harga dibawah 1 juta rupiah.

Biasanya, ada beberapa merk audio yang harganya hanya 400 ribu. Namun biasanya belum termasuk power yang harganya bisa mencapai 450 ribu rupiah.

Komponen audio mobil

1. Head unit

Ibarat manusia otak adalah organ yang sangat penting dalam mengendalikan seluruh aktivitas manusia. Begitu pula sebaliknya dengan audio pada mobil atau sering kita dengar sebagai Head Unit. Head unit merupakan otak, yang bekerja guna mengatur sinyal agar dapat terkoneksi dengan komponen-komponen audio yang lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih Head Unit pun dapat diakses melalui sentuhan jari kamu, atau istilah kerennya adalah touch screen. Jadi, tinggal menyentuhnya saja, misal untuk menentukan volume suara yang enak didengar pun dapat tercapai.

2. Crossover

Crossover merupakan komponen pada audio mobil yang berguna untuk membagikan sinyal. Terdapat dua jenis crossover, diantaranya adalah jenis crossover aktif dan crossover pasif.

Perbedaan dari kedua jenis crossover tersebut terletak pada waktu pembagian frekuensinya. Pada crossover aktif frekuensi sinyal akan dibagi sebelum sinyal masuk ke Amplifier. Sedangkan untuk crossover pasif, frekuensi sinyal akan dibagi setelah sinyal diperkuat oleh Amplifier.

Sedikit informasi untuk kamu bahwa crossover sebenarnya tidak diperlukan apabila mobil pribadi yang dimiliki hanya mempunyai sistem satu suara saja. Lebih dari satu, maka baru perlu penggunaannya.

3. Amplifier

Amplifier merupakan penguat sinyal pada Head Unit. Ketika sinyal yang ditangkap kuat secara otomatis akan meningkatkan kualitas suara pada speaker menjadi lebih jernih dan mantap.

4. Speaker

Komponen lainnya yang tak kalah penting adalah speaker. Speaker bertugas untuk mengeluarkan suara berdasarkan sinyal yang ditangkap. 

Pengolahan suara dimulai sejak berada pada Head Unit, Amplifier Crossover, dan dilanjutkan oleh speaker. Dalam menghasilkan suara, speaker memiliki beberapa tipe speaker, yaitu tipe tweeter, tipe midrange, dan tipe midbass.

Jenis audio mobil

Audio Sound Quality Load (SQL)

Jenis audio yang pertama adalah audio SQL atau sound quality loud. Jenis audio mobil ini merupakan gabungan dari dua jenis audio mobil yaitu Sound Quality (SQ) dan Sound Pressure Level (SPL). 

Penggabungan dua jenis audio yang berbeda membuat jenis audio SQL lebih menarik. Karakter Sound Pressure Level yang memiliki suara keras digabungkan dengan Sound Quality yang mempunyai kualitas baik dan suara yang jernih.

Jenis audio Sound Quality Loud memiliki ciri tersendiri yaitu memiliki banyak subwoofer dan speaker yang digunakan. Subwoofernya memiliki box yang berukuran besar yang seimbang dengan kualitas speaker.

Audio Sound Quality  (SQ)

Jenis audio yang kedua ini mengutamakan fitur kualitas suara yang sangat bagus. Kualitas tersebut dapat dipkamung melalui berbagai sisi seperti kedalaman (depth), bayangan suara (imaging), kejernihan (clarity), dan tata panggung (soundstage).

Jika dilihat dari namanya saja sound quality sudah pasti menghasilkan suara yang sangat bagus dan berkualitas serta akurat. Sehingga suara yang dihasilkan akan terdengar mirip dengan suara aslinya.

Jenis audio ini menggunakan speaker yang berkualitas yaitu speaker 3 way head unit. Selain itu Jenis audio ini memiliki fitur prosesor khusus yang berfungsi untuk mengatur time alignment yang nantinya membuat suara berkumpul di tengah. 

Kelebihan dari audio mobil ini adalah suara yang dihasilkan terdengar mewah karena terdapat komponen pasif crossover. Selain itu, mobil yang menggunakan sistem audio ini pasti akan dilengkapi dengan peredam suara yang diletakkan pada langit-langit, bagasi mobil, dan lantai, serta dashboard.

Audio Sound Pressure Level (SPL)

Berbeda dengan kedua jenis audio di atas, jenis audio yang ketiga memiliki ciri khas sendiri yaitu mengutamakan kekerasan suara. Suara yang keras diukur dengan satuan desibel. 

Sehingga jenis audio ini berusaha untuk bisa mencapai desibel paling atas sesuai dengan kemampuan yang dihasilkan. Selain suara yang keras, jenis audio sound pressure level juga mengutamakan suara bass yang keras.

Kamu perlu tahu bahwa jenis audio sound pressure level merupakan jenis audio yang dimodifikasi. 

Ciri khas yang terdapat pada audio ini selain mengutamakan kerasnya suara juga memiliki subwoofer yang lebih sedikit. 

Kira-kira hanya berjumlah satu atau dua saja. Meskipun hanya berjumlah sedikit tapi memiliki suara yang sangat keras. Speaker yang digunakan juga hanya berjumlah satu dan itu terletak di bagian depan.

Audio sound pressure level menggunakan power amplifier yang mempunyai tenaga sangat besar. Hal ini bertujuan agar dapat mengalirkan suara secara maksimal menuju subwoofer.

Audio Car Theater

Setelah ketiga jenis setting equalizer audio mobil di atas, kamu juga perlu mengetahui satu jenis audio mobil lain yaitu car theater. 

Jenis audio mobil ini terkesan sangat mewah karena dilengkapi dengan televisi, DVD player, dan speaker dengan kualitas unggul. 

Beberapa barang tersebut membuat mobil seperti bioskop atau tempat teater. Subwoofer dan speaker yang dipasang juga sangat berkualitas sehingga suara yang dihasilkan begitu keras dan pastinya jernih.

Pentingnya asuransi mobil

Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, maupun hilang. Selain itu, terdapat manfaat tambahan berupa penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Dengan proteksi ini, perusahaan asuransi akan menanggung biaya apabila kendaraan mengalami kerusakan atau hilang dalam jangka waktu setahun. Karena itu, pilih asuransi mobil terbaik agar kamu mendapatkan benefit sesuai kebutuhan dengan premi terjangkau. 

Coba cek premi asuransi mobil sesuai dengan wilayah domisili dan jenis mobil kamu dengan kalkulator premi asuransi mobil di bawah ini.

Tips dari Lifepal! Audio mobil sebetulnya bukan komponen yang terlalu penting pada mobil, namun apabila audio mobil rusak, mungkin kamu tidak bisa enjoy saat mengendarai mobil. 

Apabila kamu termasuk orang yang suka mendengarkan musik, sebaiknya segera perbaiki audio mobil. Ya, walaupun harganya mahal setidaknya finansial kamu akan lebih ringan dengan asuransi mobil.

Jadi, ketika ada kerusakan pada mobilmu, kamu tidak terlalu terbebani dan tabungan serta aset-asetmu akan tetap aman. 

Pastikan juga saat memilih audio mobil, kamu sudah tahu beberapa tips memilih audio mobil agar tidak salah beli.

FAQ seputar audio mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.