Tim Tek.id berkesempatan menjajal realme GT 2 Explorer Master Edition, ponsel ini memiliki prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 serta layar AMOLED.

Beberapa waktu lalu, realme resmi meluncurkan ponsel realme GT 2 Explorer Master Edition di Tiongkok. Perangkat ini adalah ponsel pertama dari realme yang menggunakan prosesor mobile Snapdragon 8+ Gen 1 yang masuk ke dalam kelas flagship. Kebetulan hari ini (15/7), saya sempat melakukan hands-on ponsel tersebut.

Dari sisi prosesor, Snapdragon 8+ Gen 1 telah di-overclock. Terutama, inti Cortex X2 telah di-overclock dari 3,00 GHz menjadi 3,20 GHz, memberikan performa CPU hingga 10% lebih tinggi dari Snapdragon 8 Gen 1. GPU juga di-overclock untuk memberikan performa GPU hingga 10% lebih baik dalam bermain gim.

Pada GT 2 Explorer Master Edition, chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR5X yang memiliki efisiensi daya sekitar 20% daripada LPDDR5. Pada unit realme GT 2 Explorer Master Edition yang saya coba, produk ini memiliki kapasitas RAM 12 GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 sebesar 256 GB.

Pada ponsel realme “Master Edition”, dikenal dengan desainnya yang luar biasa. Realme GT 2 Explorer Master Edition memiliki bodi bagian belakang yang menyerupai kulit. Ini membuat ponsel tidak terlalu licin di genggaman tangan, juga tidak mudah kotor oleh noda sidik jari. Pada sisi bodi, terdapat bingkai logam yang menjadikan tampilannya lebih kokoh.

Dengan desain tersebut, realme GT 2 Explorer Master Edition ditujukan untuk anak muda yang peka terhadap desain dan ingin mencoba teknologi terdepan. Pihak realme mengatakan bahwa desain ponsel tersebut menampilkan rancang bangun mirip koper travel ciptaan Jae-Jung, perancang busana terkenal di The North face.

Pada sisi sebelah kanan, terdapat tombol daya. Sedangkan sisi sebelah kiri, terdapat tombol volume. Terdapat dua tombol lagi pada sisi sebelah kanan. Kedua tombol ini merupakan tombol virtual yang disebut realme sebagai Hyper Touch Virtual Triggers. Tombol ini dirancang untuk membuat pengalaman bermain gim makin seru. Karena, saat bermain gim PUBG Mobile, tombol virtual ini dapat digunakan untuk menembak, meloncat, atau lainnya. Uniknya, tombol Hyper Touch Virtual Triggers itu memiliki haptic feedback saat ditekan, sehingga terasa seperti tombol fisik.

Hands-on realme GT 2 Explorer Master Edition

Pada bagian depan, ponsel ini memiliki layar tipe AMOLED dengan punch hole yang diposisikan di tengah atas. Layar ini dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass Victus. Realme membekali panel layar GT 2 Explorer Master Edition dengan refresh rate 120 Hz.

Kapasitas baterai ponsel terbaru dari realme itu adalah 5.000 mAh yang datang dengan pengisian cepat 100W UltraDart Charge. realme mengklaim dengan pengisian tersebut, dapat mengisi baterai hingga penuh dari dalam keadaan kosong dalam waktu 25 menit.

Dari sisi kamera, realme GT 2 Master menawarkan kamera depan 16 MP. Modul kamera belakangnya memiliki sensor utama Sony IMX766 50 MP dengan OIS, lensa ultra lebar 50 MP, dan lensa mikroskop 2 MP dengan perbesaran hingga 40x.

Saat ini, realme GT 2 Explorer Master Edition hanya tersedia di Tiongkok, belum ada informasi kapan ponsel ini tersedia di luar Tiongkok, termasuk Indonesia. Di Tiongkok, realme GT 2 Explorer Master Edition dijual dengan harga 3.499 yuan (Rp7,8 juta), untuk RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.