Google bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah merilis program untuk melatih usaha kecil di sepuluh provinsi di Indonesia.

Raksasa teknologi, Google, menggandeng Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) di Indonesia untuk menggelar pelatihan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Program ini diprediksi akan berlangsung hingga akhir tahun 2022. Pada kegiatan ini, Google akan memberikan sejumlah pelatihan kepada pelaku UMKM secara offline. Perusahaan teknologi ini mengungkap, modul pelatihan tersebut disusun berdasarkan program Grow With Google (GWG) yang mereka miliki. 

Program yang bertajuk #BerubahDigital ini akan berlangsung selama enam bulan ke depan di sepuluh provinsi di Indonesia. Pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan materi tentang strategi konten dan digital marketing, cara menyiapkan eCommerce, cara agar tetap aman saat online, dan cara agar bisnis terdaftar dan muncul di Google Search dan Google Maps.

“Pada Hari UMKM Nasional 2022 ini, senang rasanya kami dapat memperluas program pelatihan kami ke wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan beberapa provinsi lainnya,” kata Putri Alam, Director of Government Relations and Public Policy Google Indonesia melalui keterangan resminya (11/8). 

Sebagai informasi, Google aktif mengadakan pelatihan kepada pelaku UMKM di Indonesia sejak tahun 2015. Hingga saat ini, perusahaan menyebut telah melatih lebih dari 2 juta UMKM dan telah menjalankan berbagai program bersama sejumlah kementerian, termasuk Kemendag, Kemenpar, Kemenperin dan Kemenkominfo. 

Bersamaan dengan pengumuman program pelatihan untuk pelaku UMKM, Google juga merilis hasil survei yang dilakukan Kantar terhadap 707 pemilik usaha. Hasil survey ini memperlihatkan 44 persen pemilik usaha UMKM adalah perempuan dan 42 persen lainnya adalah mahasiswa dan pelajar.

Sementara itu, melalui program pelatihan bertajuk #BerubahDigital ini, Kemenkop UKM berupaya untuk memberikan pendampingan kepada pelaku koperasi, UMKM, dan wirausaha agar menemukan lebih banyak pelanggan di dalam negeri hingga ke Asia Tenggara. Deputi Kewirausahaan Kemenkop UKM, Siti Azizah mengatakan, program ini dapat membantu lebih banyak UMKM untuk go digital dengan memperkuat perwujudan wirausaha yang adaptif, inovatif, dan berkelanjutan.

“Kami berharap melalui kegiatan seperti Grow with Google, dapat mempercepat pemulihan ekonomi kita dan menjadi awal dari kolaborasi berkelanjutan,” tambahnya. 
 


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.