detikfakta.com – Sebagai masyarakat, kita cenderung menganggap susu sebagai minuman yang paling baik dinikmati oleh anak-anak.

Secara teknis hal tersebut ternyata benar adanya, namun tidak hanya baik dikonsumsi oleh anak-anak, susu bisa dikonsumsi oleh orang dewasa.

Susu sapi memiliki manfaat nutrisi terbaik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, ketika anak-anak tumbuh menjadi dewasa, mereka akan banyak kehilangan kapasitas untuk mencerna minuman susu dengan benar.

Ada juga kecanggungan sosial tertentu yang terkait dengan minum susu sebagai orang dewasa alih-alih, katakanlah, secangkir teh, kopi, atau bahkan sekaleng Coke.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Frontiers in Nutrition, orang dewasa yang lebih tua memiliki lebih banyak keuntungan dari mengonsumsi susu .

Penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan di University of Kansas (KU) Medical Center di AS, menemukan bahwa orang dewasa berusia tua yang minum tiga cangkir susu perah setiap hari memiliki tingkat antioksidan kuat yang lebih tinggi yang dapat melindungi otak dari penuaan dan penyakit terkait penuaan.

Antioksidan yang disebut glutathione (GSH), mampu mencegah otak dari “terkorosi” oleh radikal bebas dan oksidan lainnya yang biasanya dilepaskan ketika otak mengubah nutrisi menjadi energi.

Meski kedengarannya mengerikan, ini adalah proses alami yang digambarkan oleh para ilmuwan KU mirip dengan “mobil tua yang berkarat”.

Hal tersebut dikaitkan dengan banyak penyakit neurodegeneratif, termasuk Alzheimer dan Parkinson.

Seiring bertambahnya usia, tingkat GHS pada otak akan mengalami penurunan dan umumnya secara bertahap akan kehilangan kemampuan untuk melindungi otak kita.

Dokter Debra Sullivan, Profesor dan Ketua Departemen Dietetika dan Nutrisi di Sekolah Profesi Kesehatan di KU Medical Center mengatakan bahwa susu dapat meningkatkan GSH.

“Sangat menyenangkan bahwa sesuatu yang sederhana seperti minum susu dapat meningkatkan GSH karena ini bukan obat, itu hanya makanan sederhana,” kata Dokter Debra, dilansir Pikiran-rakyat.com dari Euro News.

Dia pun menyarankan kepada orang dewasa yang berusia tua agar mengonsumsi tiga gelas susu sebagaimana direkomendasikan oleh Pedoman Diet AS.***