detikfakta.com – Bagi kamu yang bingung mau masak hari ini. Cocok banget nih menu tahu asam manis bisa jadi opsi kamu.

Dalam membuat tahu asam manis , kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di kulkas tentunya.

Selain praktis, menu tahu asam manis ini juga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia yang menyukai makanan asam manis. Perpaduan rasa yang sempurna ketika masuk kedalam mulut.

Berikut adalah resep menu tahu asam manis yang bisa kamu masak menggunakan bahan-bahan yang ada di kulkas tanpa perlu ribet dan menu ini juga cocok jika dimakan dengan nasi putih hangat.

Bahan- bahan yang digunakan:

– 4 potong tahu putih- 3 sendok makan tepung terigu- Setengah sendok teh (sdt) garam- Setengah sendok teh kaldu ayam- Seperempat sendok teh lada bubuk.

Bahan untuk saos:

– Setengah buah bawang bombai- Setengah buah wortel- 6 buah cabai rawit- 2 siung bawang putih- 2 sdm saus tiram- 4 sdm saus tomat- Seperempat sendok makan (sdm) garam- Seperempat sdm kaldu ayam- 1 sdm gula- Air 200 mililiter (ml).

Langkah-langkah pembuatan tahu asam manis :

1. Hancurkan tahu terlebih dahulu hingga halus (bisa menggunakan blender ataupun manual menggunakan tangan).2. Masukan 3 sdm tepung terigu.3. Masukan setengah sendok teh garam.4. Masukan setengah sendok teh kaldu ayam.5. Masukan seperempat sendok teh lada bubuk kemudian aduk rata.6. Nyalakan kompor dan masukan minyak secukupnya untuk menggoreng adonan yang sudah dibuat hingga kecokelatan.7. Potong bawang bombai kecil-kecil.8. Potong wortel memanjang.9. Iris cabai rawit dan cincang kasar bawang putih (ketika sudah siap tumis bawang bombai, wortel, cabai, dan bawang putih).10. Tambahan air, garam, kaldu ayam, dan gula lalu cicipi masakan.11. Jika saos sudah siap, masukan tahu yang telah digoreng tadi dan aduk hingga rata.12. Masakan siap disajikan di piring (bisa ditambahkan daun bawang jika suka).

Bagaimana mudah bukan? Masakan seperti ini bisa dimasak tentunya bagi para pemula. (Anggita Adi Sumadi)***